10 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Spanyol

10 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Spanyol

Siapa yang tak kenal dengan negara Spanyol? Tentunya hampir semua orang mengetahui negara yang terkenal dengan sepak bolanya tersebut. Namun di artikel kali ini kita akan membahas tempat wisata yang menakjubkan di sana. Penasaran kan di mana aja tempatnya? Yuk, langsung aja lihat di bawah ini.

Negara Spanyol

Spanyol adalah sebuah negara beribu kota Madrid yang berada di Eropa Barat. Negara yang memiliki nama lengkap Kerajaan Spanyol (Kingdom of Spain) ini hanya berbatasan darat dengan dua negara yaitu berbatasan dengan Portugal di sebelah barat dan berbatasan dengan Perancis di sebelah Timur Laut. Sebelah Utara Spanyol adalah Samudera Atlantik sedangkan Selatannya adalah Laut Tengah (Laut Mediterania) yang memisahkan Spanyol dengan Negara-negara Afrika seperti Maroko dan Aljazair.

Spanyol merupakan negara terbesar ketiga di benua Eropa dengan luas wilayahnya sebesar 505.370 km². Selain di Benua Eropa, Spanyol juga memiliki beberapa wilayah di benua Afrika (kota Ceuta dan Melilla) dan Samudera Atlantik (Kepulauan Canary) serta beberapa pulau di Laut Tengah. Jumlah penduduk Spanyol sebanyak 48.563.476 jiwa dengan mayoritas penduduknya beragama Katolik Roma yaitu sebanyak 67,8% dari keseluruhan populasinya.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Spanyol adalah sistem pemerintahan Monarki Konstitusional yaitu sistem pemerintahan dengan kepala negaranya adalah seorang Raja sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri yang dipilih melalui pemilihan umum parlemen setiap 4 tahun sekali.

Bahasa Spanyol Castilian adalah bahasa resmi negara. Tapi bahasa Catalan, Galician, Basque dan bahasa lainnya yang juga memiliki status resmi dalam wilayah mereka. Artinya, mereka semua berasal dari bahasa Latin. Meskipun demikian hanya 72% orang yang menggunakan bahasa tersebut untuk kesehariannya sisanya menggunakan bahasa portugis dan Inggris.

Spanyol tergolong sebagai salah satu negara dengan pendapatan perkapita cukup tinggi di dataran Eropa dengan perkapita mencapai $30.278/tahun. Awalnya perekonomian Spanyol bergantun pada sektor agraris. Namun, saat ini sektor industri dan manufaktur di Spanyol mulai berkembang besat dan menjadi salah satu penopang enting bagi kemajuan ekonomi Matador. Di sektor pertanian Spanyol banyak menghasilkan anggur dan gabus.

Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi

Spanyol merupakan salah satu negara yang paling banyak dikunjungi para wisatawan. Nah buat kamu yang belum pernah ke sana, berikut ini adalah tempat-tempat wisata yang ada di Spanyol:

  • Royal Palace of Madrid

Royale Palace Madrid adalah sebuah istana resmi tempat tinggal keluarga kerajaan di Spanyol. Akan tetapi memang saat ini istana hanya digunakan pada saat-saat tertentu saja seperti saat ada resepsi atau acara kenegaraan. Sehingga istana akhirnya juga dibuka untuk umum bagi wisatawan yang ingin menyaksikan betapa megah dan indahnya interior di dalamnya.

  • Plaza Mayor

Tempat selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Plaza Mayor yang merupakan sebuah alun-alun dengan bentuk persegi panjang dan bisa ditemukan saat mendatangi pusat kota Madrid. Berwisata ke alun-alun yang begitu populer ini tidak akan membuat wisatawan menyesal karena kebanyakan bangunan di kawasan ini sangat serupa satu dengan lainnya dan selalu memiliki 4 tingkat. Pada lantai dasarnya, biasanya dijadikan toko atau kafe, sedangkan sisanya (3 tingkat) dijadikan sebuah hotel, apartemen atau tempat tinggal biasa.

  • Bilbao

Bilbao paling dikenal sebagai pelabuhan penting dan kota industri di utara Spanyol hingga dibangunnya sebuah keajaiban arsitektur di tahun 1990-an yang dikenal sebagai Museum Guggenheim. Sejak itu, ibu kota Vizcaya ini telah mengalami perkembangan pesat dalam bidang pariwisata yang berimbas pada pertumbuhan ekonomi dan revitalisasi banyak permata tersembunyi dan membuatnya menjadi salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Spanyol.

  • La Rambla

Salah satu tempat yang menarik di Spanyol adalah kawasan La Rambla. La Rambla merupakan jalan sepanjang 1,3 kilometer yang terbentang dari alun – alun Plaza Catalunya hingga pelabuhan lama Barcelona, Port Vell. Baik warga lokal maupun turis senang menyusuri jalan yang disebut – sebut sebagai jalan paling tersohor di Barcelona ini.

Di ujung jalan yang paling dekat dengan Plaza Catalunya adalah air mancur. Dan seperti biasa, para pemilik bangunan memanfaatkan lantai pertama sebagai restoran, tempat penukaran uang atau toko. Namun, para wisatawan wajib waspada karena pencopet pun berkeliaran di Barcelona.

  • Santiago de Compostela

Santiago de Compostela merupakan ibukota wilayah Galicia di barat laut Spanyol. Tempat ini terkenal sebagai tujuan akhir dari perjalanan ibadah tradisional yang dikenal dengan Camino de Santiago. Sekarang, kota ini menarik ribuan pengunjung setiap tahun, baik untuk tradisi agama maupun dan sejarahnya.

  • Las Ventas

Negara Spanyol memiliki julukan Negeri Matador karena tradisinya yang terkenal seantero dunia, yaitu adu banteng. Salah satu tempat yang terkenal sebagai tempat pertunjukan adalah Las Ventas. Arena ini dibangun pada tahun 1923 dan dapat menampung hingga 23.798 penonton. Selain menonton pertunjukan, kamu juga dapat melihat benda – benda bersejarah yang berkaitan dengan adu banteng yang dimulai dari lukisan, patung, perlengakan adu banteng dan serta pakaian matador.

  • Puerta del Sol

Tempat wisata ini merupakan sebuah area luas atau alun-alun yang dulunya adalah gerbang masuk dan mendapat julukan gerbang matahari. Konon, gerbang ini berada pada tembok keliling pusat kota di abad ke-15. Saat abad ke-17 sampai abad ke-19, Puerta del Sol ini menjadi kawasan berkumpulnya banyak orang yang ingin mendapat berita paling baru.

Meski itu adalah kisah zaman dulu, nyatanya sampai sekarang pun area ini masih sangat ramai bahkan tidak hanya dipadati warga lokal, tapi juga banyak wisatawan mancanegara yang menikmati waktu santai mereka. Segala tempat hiburan ada di sekitar Puerta del Sol seperti rumah makan, kafe, bar dan pusat perbelanjaan.

  • Santiago Bernabeu dan Camp Nou

Bagi para pecinta sepak bola, Negara Spanyol dikenal sebagai negara asal dua klub terkenal di Dunia, yaitu F. C Barcelona dan Real Madrid C. F. Tentunya tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi kedua markas klub tersebut. Camp Nou terletak di pusat kota Barcelona. Di Camp Nou, selain bisa menikmati semua pertandingan Barcelona, di sana juga menawarkan Tour Keliling.

Kamu bisa mengunjungi ruangan – ruangan yang terdapat di dalamnya seperti ruang ganti pemain, Press Room, tempat memanjang Piala dan lain – lain. Camp Nou merupakan salah satu toko Nike terbesar di Eropa dengan barang dagang yang berciri khas Klub Barcelona. Sama seperti Camp Nou, Santiago Bernabeu juga menawarkan paket Tour untuk melihat berbagai ruangan yang terdapat di stadion ini.

  • Seville

Seville menawarkan tempat wisata yang luar biasa, festival yang meriah dan kehidupan malam yang gemerlap gempita yang menjadikannya salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Spanyol Selatan. Kota ini adalah rumah bagi banyak tempat-tempat bersejarah yang indah dan penting. Salah satu yang paling terkenal adalah Grand Cathedral of Seville, yang diyakini sebagai tempat Christopher Columbus dimakamkan.

  • Gran Via

Nah buat kamu yang sangat suka shopping atau ingin membelikan beberapa cindera mata, silahkan kamu mengunjungi Gran Via ini. Gran Via ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang cukup populer. Letaknya ada di kota Madrid dan disana kamu akan menemukan banyak sekali toko-toko pusat mall dan lain sebagainya. Kamu bahkan bisa menikmati berbagai macam hiburan disini karena di Gran Via juga terdapat bioskop, teater dan lainnya.

Nah itu dia tempat wisata yang ada di Spanyol yang bisa kamu kunjungi, yakin kamu gak tertarik dengan salah satunya? Buruan deh atur jadwal liburan kamu dan nikmati keindahan Spanyol, jangan lupa ajak teman-teman kamu ya biar makin seru…