Bangga Menjadi Warga Sumatera Barat, Inilah Tempat Yang Indah dan Unik Untuk Menenangkan Pikiran

Bangga Menjadi Warga Sumatera Barat, Inilah Tempat Yang Indah dan Unik Untuk Menenangkan Pikiran

Hai guys.. Nah siapa nih yang menjadi salah satu dari warga Sumatera Barat? Mungkin kamu termasuk dari salah satunya ya. Sumatera Barat menjadi salah salah satu bagian dari Provinsi Indonesia lho! Nah, pastinya kamu ingin tau apa saja yang ada disana bukan? Yang pastinya kota Padang menyediakan beberapa tempat wisata yang menakjubkan bukan?

Tetapi sebelum kita bahas tentang apa saja tempat wisata yang ada disana, pasti didalam pikiran kamu kenapa disebut dengan “Kota Padang”? Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota dari Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia.

Tetapi, tidak ada data yang pasti siapa yang memberi nama kota ini, hanya saja Kota Padang diperkirakan awalnya berupa sebuah lapangan atau dataran yang sangat luas sehingga dinamakan “Padang”. Dalam bahasa Minang, kata padang juga dapat bermaksud pedang. Padang memiliki wilayah seluas 694,96 km² dengan kondisi geografi berbatasan dengan laut dan dikelilingi perbukitan dengan ketinggian mencapai 1.853 mdpl.

Sejarah Singkat Provinsi Sumatra Barat

Sumatra Barat adalah salah satu Provinsi yang ada di Indonesia yang terletak di pulau Sumatra dan memiliki ibu kota yang bernama “Padang”. Sesuai dengan namanya, wilayah ini menempati sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah dan sejumlah pulau lepas, seperti Kepulauan Mentawai. Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.297,30 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatra Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu. Provinsi ini terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan diseluruh kabupaten (kecuali kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai “Nagari”.

Nama dari Provinsi Sumatera Barat bermula pada zaman Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC), dimana sebutan wilayah tersebut untuk kawasan pesisir barat Sumatera adalah “Hoofdcomptoir van Sumatra’s westkust”. Kemudian dengan semakin menguatnya pengaruh politik dan ekonomi VOC, sampai abad ke 18 wilayah administratif ini telah mencangkup kawasan pantai barat Sumatera mulai dari Barus sampai Inderapura.

Sejarah Sumatera Barat juga berkaitan dengan sejarah masyarakat Minangkabau. Bukti arkeologis menunjukkan bahwa daerah disekitar kabupaten Lima puluh Koto telah  membentuk daerah pertama yang dihuni oleh Minangkabau.

Kabupaten Limapuluh Koto mencakup sejumlah sungai besar yang bertemu dibagian timur garis pantai Sumatra dan menyediakan transportasi berlayar hingga akhir abad terakhir. Leluhur Minangkabau diyakini telah tiba melalui rute ini. Mereka berlayar dari Asia (Indo-Cina) melalui Laut Cina Selatan, melintasi Selat Malaka dan kemudian menetap di sepanjang sungai Kampar, Siak dan Indragiri (atau Kuantan). Beberapa tinggal dan mengembangkan budaya dan sifat mereka disekitar kabupaten Limapuluh Koto.

Provinsi Sumatera Barat terletak pada pesisir barat bagian tengah pulau Sumatera yang terdiri dari dataran rendah dipantai barat dan dataran tinggi vulkanik yang dibentuk oleh Bukit Barisan. Provinsi ini memiliki daratan seluas 42.297,30 km² yang setara dengan 2,17% luas Indonesia.

Dari luas tersebut, lebih dari 45,17% merupakan kawasan yang masih ditutupi hutan lindung. Garis pantai provinsi ini seluruhnya bersentuhan dengan Samudera Hindia sepanjang 2.420.357 km dengan luas perairan laut 186.580 km². Kepulauan Mentawai yang terletak di Samudera Hindia termasuk dalam provinsi ini.

Seperti daerah lainnya di Indonesia, iklim Sumatera Barat secara umum bersifat tropis dengan suhu udara yang cukup tinggi, yaitu antara 22,6 °C sampai 31,5 °C. Provinsi ini juga dilalui oleh Garis khatulistiwa, tepatnya di Bonjol, Pasaman.

Sumatera Barat juga terdapat 29 gunung yang tersebar di 7 kabupaten dan kota di Sumatera Barat, dengan Gunung Kerinci di kabupaten Solok Selatan sebagai gunung tertinggi, yang mencapai ketinggian 3.085 m, dan sebagainya.

Selain gunung, Sumatera Barat juga memiliki banyak danau. Danau terluas adalah Singkarak dikabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar, disusul Maninjau di kabupaten Agam. Dengan luas mencapai 130,1 km², Singkarak juga menjadi danau terluas kedua di Sumatera dan kesebelas di Indonesia.

 

Tempat Indah Di Sumatra Barat

Setiap daerah pastinya memiliki tempat spesifik yang menjadi maskot dari daerah tersebut. Bahkan tak hanya menjadi maskot, tempat-tempat indah yang ada di berbagai daerah juga sering menjadi sasaran liburan para turis baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Nah khususnya yang ada di Sumatra Utara, berikut adalah tempat yang wajib kamu datangi saat berada di Sumatra Barat.

1. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya adalah sebuah jembatan ikonik yang diambil dari sebuah cerita fenomenal karya sastrawan Sumatera Barat bernama Marah Rusli. Panjang jembatan kurang lebih 100 meter dengan panjang total dari ujung ke ujung sepanjang 600 meter. Jembatan ini juga menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya, tempat Siti Nurbaya dimakamkan.

Jembatan Siti Nurbaya berada dikota Padang, yang berdiri diatas Sungai Batang Arau. Jembata ini menawarkan pemandangan yang bisa menyejukan mata dengan dihiasi kapal-kapal kayu yang berlalu lalang pada siang hari, sore hari, ataupun pada malam hari dan kamu juga bisa menikmati wisata kuliner yang lengkap pada malam hari.

2. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis (Aie Manih) merupakan salah satu salah satu tempat wisata yang ada dikota Padang. Pantai ini terkenal dengan legenda Malin Kundang dan dipercaya sebagai bukti bahwa legenda tersebut benar-benar nyata. Tetapi pada dasarnya, batu tersebut relatif dari pecahan kapal yang berbentuk seorang sedang telungkup.

Kisah Malin Kundang bercerita tentang seorang anak yang tidak mengakui ibu kandungnya sendiri setelah anak tersebut menjadi seorang yang kaya raya. Kemudian Malin Kundang dikutuk menjadi batu, dan batu tersebut berada di Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis).

Selain terkenal dengan batu Malin Kundang, pantai ini juga menawarkan pemandangan yang indah dengan Gunung Padang sebagai latarnya, serta gelombang yang aman untuk wisata pantai yang masih terjaga. Pantai Air Manis terletak tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur.

3. Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik atau sering disebut dengan “Padang Scenic Point” adalah salah satu tempat wisata yang memiliki ketinggian kurang lebih 1.000 meter diatas permukaan laut. Lokasi ini juga menjadi wisata utama yang paling disukai oleh masyarakat disana, karena dari tempat ini kita bisa melihat pemandangan yang luas dan hijau disertai dengan pemandangan dari Samudera Hindia dari kejauhan. Apabila kamu datang ke tempat ini pada malam hari, kamu juga bisa menikmati pemandangan kota Padang dengan adanya lampu kelap-kelip.

4. Air Terjun Tiga Tingkat

Air Terjun Tiga Tingkat berada didesa Cendikar, Kota Padang. Air Terjun Tiga Tingkat adalah salah satu tempat wisata di Padang yang paling misterius, karena tidak banyak orang yang tau tentang tempat wisata alam ini, dan tidak banyak juga informasi beredar mengenai Air Terjun Tiga Tingkat.

Air terjun ini juga termasuk kedalam kawasan bukit barisan, dengan ketinggian lebih dari 600 meter diatas permukaan laut. Seperti namanya, air terjun ini memang memiliki tiga tingkatan dengan airnya yang deras dan masyarakat disana menyebutkan dengan nama “Lubuk Hitam”.

5. Jam Gadang

Jam gadang merupakan menara jam dan landmark utamayang berada dikota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Jam Gadang terletak didataran tinggi Minangkabau, Sumatera Barat.  Jam ini terletak ditengah-tengah Taman Sabai Nan Aluih, dekat Pasar Ateh tepatnya didepan Istana Mohammad Hatta. Jam ini memiliki ukuran sekitar 13 x 4 meter dan terdapat beberapa pohon yang ditanam disana agar suasana disana menjadi segar.

6. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman adalah museum yang paling terkenal di kota Padang, Sumatera Barat. Museum ini dibangun pada tahun 1974, dan sudah menjadi salah satu tempat wisata di kota Padang yang wajib dikunjungi. Secara singkat, Museum Adityawarman adalah Taman Mini dari kota Padang.

Museum berdada diatas tanah yang luasnya sekitar 2.6 hektar atau sekitar dengan 10.000 meter persegi yang merupakan tempat untuk menyimpan dan menjaga dengan berbagai jenis benda bersejarah yang ada dikota Padang sehingga sampai saat ini kebudayaan itu masih ada. Museum ini terdapat pakaian adat hingga alat-alat musik tradisional yang ada dikota Padang.

7. Danau Maninjau

Danau Maninjau berada tidak jauh dari kota Padang, atau sekitaran 140 kilometer disebelah utara Kota Padang. Danau Maninjau adalah danau vulkanik yang terbentuk dari letusan gunung Sitinjau sekitaran pada tahun 52.000 tahun yang lalu.

Lalu, simpanan dari letusan tersebut telah ditemukan dalam distribusi radial disekitaran Manunjau yang membentang hingga 50 Km ke arah Timur, 75 ke arah Tenggara dan barat ke arah garis pantai saat ini. Danau Maninjau memiliki luas 99,5 km², dengan panjang sekitar 16 km dan lebar 7 km. Kedalaman rata-rata adalah 105 m, dengan kedalaman maksimum 165 m.

8. Lembah Harau

Berbagai Provinsi yang ada di Indonesia memang menyimpan keindahannya masing-masing salah satunya Provinsi Sumatera Barat. Salah satu keindahan yang dimilikinya ialah Lembah Harau, merupakan sebuah ngarai dekat kota Payakumbuh di kabupaten Limapuluh Koto, provinsi Sumatera Barat.

Lembah Harau diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Lembah Harau memiliki luas sekitar 270,5 hektare/2.705km². Dan Lembah harau juga diapit dengan bukit air putih dengan ketinggian 500 sampai 850 meter dari permukaan laut.

Lembah ini masih memiliki udara yang segar, dan Anda juga bisa melihat keindahan alam sekitarnya seperti tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80 m hingga 300 m.

9. Pantai Carolina

Pantai Carolina (Pantai Teluk Bungus) adalah sebuah objek wisata pantai yang terletak didaerah Bungus, 20 km disebelah selatan Kota Padang, Sumatera Barat. Objek wisata ini memiliki pantai yang bersih dan ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, terutama diakhir pekan dan hari-hari libur. Pengunjung dapat bermain dipantai atau bisa juga dengan perahu bermotor berwisata ke pulau Kasiak yang berjarak sekitar 15 menit saja dari sana.

10. Pantai Padang

Pantai Padang atau lebih dikenal dengan “Taplau” (kependekan dari lauik) yang berati tepi pantai, merupakan pantai yang terletak dikota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Pantai ini terletak didaerah perkotaan yang padat di Kabupaten Padang Barat, dan memanjang dari Purus ke muara Batang Arau. Pantai ini berjarak sekitar 23 km dari Bandara Internasional Minangkabau atau 30 menit dengan mobil. Pantai ini tidak memiliki pasir yang tajam sehingga sangat cocok untuk mengajak keluarga yang mempunyai anak kecil.

11. Pantai Mentawai

Salah satu wisata alam yang berada di kota Padang adalah Pantai Mentawai. Pantai ini tidak hanya dikenal wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan asing. Kamu juga bisa berselancar atau menikmati keindahan bawah lautnya yang terkenal dengan “Diving”.

Tidak hanya itu, kepulauan ini juga terkenal dengan kecantikan terumbu karang yang menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan dibawah laut. Bila sedang tidak ingin menyelam, kamu bisa menikmati suasana romantis dengan melihat matahari tenggelam atau terbit ditempat ini. Tidak perlu ragu lagi bila datang ke Pantai Mentawai, dijamin indah dan bikin kamu ketagihan untuk berkunjung lagi ke tempat ini. Gradasi warna lautnya menambah elok pantai ini.

Nah itulah beberapa tempat yang haru kamu kunjungi ketika kamu sedang berpulang ke rumah halaman. Menakjubkan bukan? Pastinya iya dong! Kalaupun kamu kesana, jangan lupa bawa kamera ya guys agar momen-momen yang indah bisa dikenang dan diperlihatkan ke teman atau keluarga kamu kalau kamu sudah pernah kesana. Udah dulu ya, sekian dan tunggu artikel selanjutnya.