Benarkah Traveling Butuh Banyak Biaya?

Benarkah Traveling Butuh Banyak Biaya?

Ketika kamu sudah mulai jenuh dengan berbagai aktivitas yang kita jalani sehari-hari, maka tak ada salahnya kalau sesekali kamu melakukan liburan atau traveling ke suatu tempat untuk menghilangkan rasa jenuh. Hal pertama yang terpikirkan saat ingin melakukan traveling tentu saja biaya.

Ya, kebanyakan orang pasti berpikiran berapa biaya yang harus dikeluarkan saat liburan ke suatu tempat atau negara. Sebagian orang juga pasti berpikir bahwa melakukan perjalanan tersebut akan mengeluarkan biaya yang besar. Namun, apakah memang benar begitu? Nah daripada penasaran dengan kelanjutannya, silahkan simak aja langsung artikel di bawah ini.

Apasih Sebenarnya Traveling Itu?

Asal usul kata “travel” yang paling mungkin hilang dari sejarah. Istilah “travel” mungkin berasal dari kata Prancis Lama “penderitaan”. Traveling adalah aktivitas melancong berpindah dalam satu tempat ketempat lainnya dengan berbagai alasan seperti bisnis, liburan dan sebagainya. Aktivitas traveling kebanyakan dianggap sebagai hobi ketimbang pekerjaan.

Traveling sendiri memiliki sejarah panjang dengan berbagai tujuan. Tujuan di sini artinya adalah maksud dan hal yang ingin dicapai dari melakukan sebuah perjalanan. Perjalanan sudah dilakukan oleh manusia sejak zaman pra sejarah, di mana manusia hidup berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk menemukan lahan pertanian yang dikenal dengan istilah nomaden. Bisa dikatakan perjalanan adalah kebutuhan manusia untuk bertahan hidup.

Selain itu traveling juga bisa diartikan sebuah cara untuk membuka wawasan dan memperluas pengetahuan kita dalam mengunjungi tempat baru atau tempat yang sudah kita kenal dengan mencoba berinteraksi dengan objek sekitar kita. Aktivitas traveling diharapkan bukan hanya dilakukan saat libur atau waktu senggang, melainkan sudah menjadi kegiatan yang termasuk ‘penting’ dalam jadwal kesibukan harian. Keperluannya setara dengan aktivitas kerja sehari-hari.

Ada yang melakukan traveling hanya untuk kabur dari rutinitas, ada yang hanya ingin merilekskan pikiran, ada yang traveling untuk mencari inspirasi bahkan ada yang melakukan traveling hanya agar mengikuti tren (ada). Jadwal traveling diperlukan saat konsentrasi seseorang dalam pekerjaan sudah jenuh sehingga memerlukan kondisi yang membuat segala sesuatunya menjadi refresh kembali.

Dalam traveling ada banyak cara untuk bisa menjadikan aktivitas ini lebih menyenangkan, oleh karena itulah banyak bermunculan komunitas traveling seperti yang bisa kita lihat sekarang seiring mudahnya teknologi komunikasi dan akomodasi.

Traveling bukan lagi hal mewah, karena itu telah menjadi gaya hidup bagi beberapa orang. Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk memaknai sebuah perjalanan. Semua orang berhak atas pemaknaannya sendiri terlepas dari itu benar atau salah.

Benarkah Traveling Membutuhkan Banyak Biaya?

Pertanyaan nomor satu yang paling sering ditanyakan tentang traveling adalah “Berapa biaya yang diperlukan untuk ke suatu negara”. Ya, hal yang paling ditakuti ketika traveling adalah pengeluaran yang membengkak. Tentu sebelum traveling ada baiknya kalian merencanakan pengeluaran selama traveling.

Banyak yang bilang bahwa traveling itu menghambur-hamburkan uang. Ada yang bilang, traveling itu cuman ajang pamer-pameran. Ada yang bilang, traveling itu cuman habisin waktu saja. Memang niat tiap orang itu berbeda, bagaimana pribadi masing-masing menyikapinya seperti apa.

Mungkin sebagian orang menganggap hobi jalan-jalan sebagai ajang untuk menghabiskan uang, tapi apakah layak seseorang mengukur seseorang dari cara pandanganya saja? Maksudnya begini kalau seseorang suka jalan-jalan terus menghabisi uangnya belum tentu si orang tersebut miskin kan?

Sebenarnya mahal murahnya biaya perjalanan itu tergantung bagaimana awal perencanaan yang dirancang. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Artinya jangan sampai pengeluaran lebih besar dari biaya yang direncanakan. Budget traveling pas-pasan tidak selalu diartikan dengan hanya punya sedikit uang. Budget pas-pasan bisa juga artinya uang yang ada digunakan secara bijak demi kesenangan maksimal. Berikut cara menghemat pengeluaran saat traveling dengan tujuan manapun juga:

  • Melakukan riset

Sebelum kalian melakukan liburan pastikan terlebih dahulu tujuan wisata kamu. Lalu cari di internet tentang harga, fasilitas, jaraknya dll. Melakukan riset tidak hanya lewat internet, namun kalian juga bisa bertanya-tanya kepada orang yang lebih berpengalaman atau orang yang sudah pernah mengunjungi wisata yang akan kalian kunjungi agar segala persiapan terpenuhi.

  • Transportasi

Menghemat pengeluaran bukan berarti pelit. Sesekali kalian juga bisa menggunakan pesawat kelas bisnis atau hotel bintang lima saat traveling. Namun, pengeluaran yang over budget tanpa direncanakan akan menjadi musibah saat usai traveling. Nah untuk lebih hemat, hotel bintang satu bisa jadi pilihan kalian untuk menginap sementara atau transit. Jika hanya sekadar singgah, tak ada salahnya juga kalian menginap di homestay. Selain lebih murah, kalian juga bisa menghemat budget.

  • Liburan Saat Low Season

Liburan low season yang dimaksud yaitu liburan saat musim tidak liburan agar mendapatkan harga yang murah. Alasan kalian harus liburan saat low season adalah karena biasanya saat musim liburan harga tiket transportasi, restaurant dan hotel akan naik hingga 100%. Jadi, jika kalian pergi saat low season pasti dapat harga rendah ataupun harga promo.

  • Jangan Pernah Makan di Area Bisnis atau Tempat Wisata

Tempat wisata kerap memiliki harga makanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga diluar area. Percaya deh, harganya bisa dua kali lipat dibandingkan dengan harga normal diluar area wisata. Jadi, untuk beberapa makanan ringan atau air minum, sebaiknya dipersiapkan sejak dari rumah atau membeli di luar tempat wisata. Karena ada juga beberapa tempat wisata yang melarang pengunjung membawa makanan dari luar. Cukup camilan dan air minum saja rasanya sudah bisa banyak menghemat pengeluaran kalian.

  • Gunakan Angkutan Umum

Pilihan paling tepat dan hemat adalah dengan menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus dan angkutan umum lainnya. Gunakan taksi atau layanan sejenis hanya dalam keadaan mendesak saja. Misalnya dalam kondisi harus mengejar jadwal keberangkatan pesawat.

  • Harus Pandai Menawar Barang

Salah satu godaan yang hampir tidak dapat ditolak oleh kebanyakan orang adalah perihal belanja dan membelikan oleh-oleh untuk sanak saudara serta teman-teman kantor yang dicintai. Untuk itulah penting rasanya menyiapkan budget khusus untuk hal-hal ini

Tawar menawar umumnya merupakan keahlian kaum wanita. Tak jarang penjual oleh-oleh menawarkan barang dengan harga hingga 100 persen dari harga aslinya ketika tahu kamu seorang turis. Kalau kamu tak jago menawar, tentu kamu sangat merugi.

Supaya tidak tertipu, kamu harus banyak bertanya harga pasaran dari barang yang kamu ingin beli. Kalau tidak punya kenalan warga lokal untuk ditanya-tanyai, kamu bisa bertanya pada resepsionis penginapan. Mereka pasti dengan senang hati membantu.

Manfaat Dari Traveling

Traveling itu bukan hanya kesenangan semata saat perjalanan, tetapi perjalanan itulah yang memberikan pengalaman hidup paling berharga dalam hidup. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat dari traveling tersebut:

  • Menambah Wawasan Terhadap Suatu Tempat

Ketika kamu mengunjungi suatu tempat, kamu akan mendapatkan informasi baru secara langsung dan membuat kamu menjadi lebih pintar dan banyak tahu.

  • Bertemu Dengan Orang Baru

Ketika kamu traveling, kamu tentunya akan bertemu dengan orang-orang baru. Kamu mungkin akan sering bertanya dan berinteraksi dengan orang-orang baru dan karena itu kamu akan berkomunikasi dengan baik. Tentu saja itu juga akan meningkatkan kehidupan kamu dalam bersosialisasi.

  • Belajar Bahasa Asing

Salah satu kelebihan dari traveling adalah belajar bahasa asing. Misalnya ketika kamu traveling ke luar negeri atau mungkin di luar daerah kamu. Bahasa yang digunakan pastinya beda bukan? Dengan traveling bisa jadi bonus buat kamu mempraktekkan langsung bahasa yang kamu pelajari atau bahasa yang sama sekali kamu enggak tahu.

  • Lebih Bersyukur

Ketika kamu mencoba melakukan traveling, mungkin kamu akan mendapat banyak sekali pelajaran kehidupan. Dan dengan itu kamu akan lebih tahu makna tentang hidup yang sesungguhnya. Kamu akan mengubah cara pandang hidup kamu dan menjadi lebih bersyukur atas kehidupan yang kamu miliki saat ini.

  • Menurunkan Risiko Terserang Penyakit

Selain bisa mengurangi stres dan jenuh, ternyata traveling juga mampu mengurangi risiko serangan penyakit seperti jantung dan stroke. Pada penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 12.000 laki – laki yang mempunyai risiko tinggi terhadap penyakit jantung, ditemukan bahwa orang yang melakukan lebih banyak traveling mempunyai resiko penyakit jantung dan stroke yang rendah.

Nah itu dia ulasan tentang traveling, mahal atau tidaknya biaya traveling serta manfaatnya. Semoga setelah membaca artikel ini dapat memberi inspirasi kamu untuk melakukan traveling sesekali tanpa harus takut mengeluarkan biaya besar. Gimana? Apakah kamu sudah siap untuk melakukan traveling?