Di Juluki Kota Hujan, Ternyata Bogor Punya Tempat Wisata Yang Keren

Di Juluki Kota Hujan, Ternyata Bogor Punya Tempat Wisata Yang Keren

Hallo guys, apa kabarnya nih? Sehat dong ya tentunya. Di artikel kali ini kita akan membahas tentang kota Bogor, ada yang pernah ke sana gak nih? Ngomongin kota Bogor, kamu pernah dengar gak kalau Bogor itu kota hujan? Apa ya kira-kira alasan? Apa karena tiap hari di sana hujan ya? Nah daripada penasaran, mari kita lebih mengenal tentang kota Bogor.

Kota Bogor

Bogor merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak 54 km sebelah selatan Jakarta. Bogor ditilik dari sejarahnya adalah tempat berdirinya Kerajaan Hindu Tarumanagara di abad ke lima.

Selain itu kerajaan-kerajaan lainya juga mulai dibangun pada wilayah ini karena dulunya kota Bogor merupakan kota yang sangat tenang dan juga dihalangi oleh banyaknya bukit dan gunung sehingga dipercaya aman dari serangan musuh.

Bogor pada zaman dahulu kala hanya memiliki luas wilayah 21,56 km², akan tetapi kemajuan demi kemajuan yang dicapai oleh kota yang terkenal dengan sebutan Kota Hujan dan Kota talas ini semakin menjadikan berkembang pula luas wilayahnya menjadi 118,50 km² dengan rataan jumlah penduduk mencapai 834.000 jiwa (2003). Selain itu, kota Bogor juga berdiri di tanah yang subur sehingga cocok digunakan sebagai tempat kehidupan manusia.

Wilayah dari kota Bogor ini terletak di tengah- tengah wilayah dari Kabupaten Bogor. Hari jadi Kabupaten Bogor dan kota Bogor diperingati setiap tanggal 3 Juni, karena tanggal 3 Juni 1482 merupakan hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja dari Kerajaan Pajajaran.

Bogor (berarti “enau”) telah lama dikenal dijadikan pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional. Di sinilah berbagai lembaga dan balai-balai penelitian pertanian dan biologi berdiri sejak abad ke-19. Salah satu yang terkenalnya adalah Institut Pertanian Bogor yang berdiri sejak awal abad ke-20. Institu Pertanian Bogor (IPB) ini merupakan salah satu dari 10 universitas negri terbaik di Indonesia ini menjadi ikon Bogor yang menghasilkan banyak lulusan penting di Indonesia.

Kota Bogor merupakan salah satu kawasan di Tatar Sunda yang kaya akan sumber daya arkeologis dari berbagai periode budaya. Peninggalan-peninggalan tersebut antara lain berasal dari masa prasejarah hingga ke periode-periode budaya berikutnya seperti masa klasik, masa Islam serta dari masa pengaruh Eropa. Persebaran lokasi penemuan peninggalan-peninggalan tersebut hampir tersebar di seluruh wilayah Bogor.

Sebelumnya pada saat pemerintahan Jepang, wilayah Bogor mengalami keterpurukan namun semua itu kembali setelah Jepang ditaklukan oleh Belanda dan mulailah dilakukan pembangunan. Seiring dengan berkembangnya zaman dan kemerdekaan Indonesia berhasil direbut kembali, wilayah Bogor mulai ditata dan ditetapkan wilayah administratifnya hingga kini.

Kenapa Bogor Disebut Kota Hujan?

Saat mendengar kata Bogor beberapa dari kamu pasti langsung mengaitkannya dengan kota hujan. Ya, kota Bogor memang sering disebut dengan kota hujan. Julukan tersebut sudah melekat pada kota ini sejak zaman dahulu dan sepertinya masih akan terus melekat hingga masa yang akan datang.

Apakah di sana sering hujan? Alasannya tentu aja karena kota ini sering sekali hujan. Secara tak langsung, hal itu membuat Bogor menjadi lebih sejuk ketimbang kota besar lainnya sehingga sering dijadikan sebagai tempat wisata. Soal kenapa Bogor dijuluki kota hujan ternyata ada penjelasan ilmiahnya.

Penjelasan yang tak lepas dari letak geografisnya yang berada di antara Gunung Gede dan Gunung Salak. Letak Kota Bogor juga berada di antara ketinggian 190-330 meter di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata per bulannya tertinggi 26 derajat celcius atau terendah 21,8 derajat celcius. Sehingga membuat kawasannya sering dilanda hujan orografi (hujan yang terjadi di daerah pegunungan).

Angin laut dari Laut Jawa membawa banyak uap air masuk ke pedalaman dan naik secara mendadak di wilayah Bogor. Uap air masuk ke pedalaman dan naik secara mendadak di wilayah Bogor, sehingga uap air langsung terkondensasi dan menjadi hujan. Kondisi ini membuat Bogor hampir setiap hari turun hujan.

Kebiasaan hujan turun di kota ini tidak mengenal waktu. Entah musim hujan atau musim kemarau, hujan akan turun. Keunikan iklim lokal ini dimanfaatkan oleh para perencana kolonial Belanda dengan menjadikan Bogor sebagai pusat penelitian botani dan pertanian yang diteruskan hingga sekarang ini.

Pada zaman penjajahan Belanda di Indonesia, tercatat pernah hujan turun selama 320 hari alias hampir sepanjang tahun atau hanya sekitar 45 hari tidak hujan dalam satu tahun. Jadi, kemungkinan besar dari situlah kenapa Kota Bogor dijuluki sebagai kota hujan.

Curah hujan Kota Bogor adalah 3.500 hingga 4.000 meter per tahun dan hingga kapan pun akan dikenal sebagai kota hujan. Namun, curah hujan tersebut bukanlah curah hujan tertinggi di dunia. Berikut ini tempat dengan curah hujan tertinggi di dunia:

  • Mawsynram, Menghalaya, India dengan curah hujan tahunan 11.871 mm
  • Cherrapunji, Meghalaya, India dengan curah hujan tahunan 11.777 mm
  • Tutendo, Kolombia, Amerika Selatan dengan curah hujan tahunan 11.770 mm
  • Cropp River, Selandia Baru dengan curah hujan tahuan 11.516 mm
  • San Antonio de Ureca, Pulau Bioko, Guinea Ekuatorial dengan curah hujan tahuan 10.450 mm
  • Debundscha, Kamerun, Afrika dengan curah hujan tahunan 10.299 mm
  • Big Bog, Maui, Hawaii dengan curah hujan tahunan 10.272 mm
  • Gunung Waialeale, Kauai, Hawaii dengan curah hujan tahunan 9.763 mm
  • Kukui, Maui, Hawaii dengan curah hujan tahunan 9.293 mm
  • Emei Schan, Propinsi Sichuan, Tiongkok dengan curah hujan tahunan 8.169 mm

Nah bila dibandingkan dengan Bogor, Indonesia maka curah hujan di Bogor hanya sepertiganya saja. Bahkan ternyata Di Indonesia, Baturaden, Jawa Tengah memiliki curah hujan tahunan sekitar 4.280 mm dan itu berarti bahwa kota tersebut lebih tinggi dari Bogor.

Tempat Wisata Yang Ada Di Bogor

Selain dijuluki sebagi kota hujan, Bogor juga terkenal akan destinasi wisatanya yang keren-keren. Dan untuk kalian yang mengunjungi kota pengujan ini alangkah baiknya jika kalian juga mengunjungi beberapa tempat di bawah ini.

  • Kebun Raya Bogor

Nah yang pertama adalah Kebun Raya Bogor, pasti kamu sudah pernah mendengar bukan? Kebun Raya Bogor merupakan sebuah kebun botani besar yang terletak di jantung Kota Bogor Jawa Barat. Luas areal kebun raya bogor mencapai 87 hektar dan memiliki sekitar 15.000 jenis koleksi tumbuhan dan beragam flora. Areanya yang luas cukup membuat para pengunjung merasa lelah dan senang.

  • Curug Cibaliung

Bogor terkenal dengan wisata alamnya dan Curug Cibaliung merupakan salah satu dari wisata alam di Bogor yang terkenal. Curug ini terletak di desa Karang Tengah, Kecamatan Madang, Sentul. Curug ini tidak terlalu tinggi dengan bagian kiri dan kanannya adalah batuan andesit yang keras.

Aliran air yang terjun ke bawah membentuk sungai jernih dengan air bening agak kebiruan. Wisatawan yang datang ke tempat wisata di Bogor ini biasanya akan menggunakan sungai di bawah curug untuk berenang atau bersantai di atas ban.

  • Little Venice Kota Bunga

Terletak di Villa Bunga Puncak, tempat wisata di Bogor dengan tema Kota Venice ini menawarkan serunya wisata ala Eropa yang memikat. Wisatawan yang datang ke sini bisa menikmati gondola untuk berkeliling ke kanal kecil yang mengelilingi kota, menikmati suasana Venice yang tenang hingga bermain banana boat dan wahana menarik lainnya.

  • Rumah Pohon Jonggol

Rumah Pohon ataupun Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol Bogor ini berada tepatnya terletak di jalan masuk menuju Curug Ciherang. Rumah Pohon ini dibangun di atas sebuah pohon yang besar yang terletak di tebing sehingga bagian bawahnya merupakan jurang yang cukup dalam.

  • Taman Safari

Yang selanjutnya adalah Taman Safari. Taman Safari Indonesia ini terletak di Jl. Raya Puncak, Cisarua, Bogor. Tak hanya keindahan bunga, keseruan bertemu hewan di alam bebas juga bisa kamu nikmati di tempat wisata di Bogor Puncak ini.

Taman safari berstandar internasional ini memang dibangun menyesuaikan habitat alami satwa. Hewan-hewannya dibiarkan berkeliaran sampai ke jalan-jalan. Kamu pun bisa melihatnya dari dekat dengan menaiki mobil pribadi atau bus yang disediakan TSI. Tapi, jangan nekat membuka jendela di kawasan singa atau harimau yang berbahaya.

  • Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Siapa bilang bunga sakura hanya ada di Jepang? Bunga sakura memang kerap tumbuh di negeri 4 musim seperti misalnya Jepang dan bermekaran pada awal musim semi sekitar bulan April. Namun, bunga yang berwarna merah jambu ini ternyata juga bisa tumbuh di Indonesia atau tepatnya di Kebun Raya Cibodas yang notabene hanya memiliki 2 musim saja.

Tak kurang ada 435 pohon bunga sakura yang dapat kamu temukan di taman yang dikelilingi oleh panorama Gunung Gede-Pangrango ini. Untuk bisa menikmati bunga sakura yang bermekaran, wisatawan disarankan untuk datang pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus.

  • The Jungle Water Adventure

The Jungle Water Adventure ini merupakan sebuah nama waterpark yang berada di Kota Bogor. Lokasinya berada di dalam Perumahan Bogor Nirwana Residence, sebuah perumahan kalangan menengah atas di Bogor Selatan. Tetapi, jangan bayangkan bahwa waterpark atau tempat wisata air ini hanya berisikan kolam renang saja, Namun disini banyak wahana yang bisa kamu nikmati.

  • Taman Wisata Matahari

Mengusung tema Recreation and Education Park, tempat wisata di Bogor Puncak ini paling cocok dikunjungi bersama keluarga terutama bersama anak atau keponakan yang masih kecil-kecil. Tapi, bisa juga dijadikan tempat makrab atau hunting foto bersama teman-teman yang sudah besar kok.

Yang jelas, datang beramai-ramai lebih seru daripada sendirian di tempat ini. Di dalamnya terdapat lebih dari 40 wahana yang dikelompokkan menjadi 4 kategori. Yakni wahana edukasi, permainan, petualangan dan wisata air.

  • Curug Bidadari

Curug bidadari adalah sebuah Curug yang terkenal indah dan unik, terletak di sebuah lembah perbukitan dan di bawahnya di buat sebuah fasilitas taman air untuk bermain anak – anak. Sebuah surga tersembunyi di Jawa Barat yang belum terpublikasi secara maksimal.

Asal muasal kenapa air terjun ini dinamakan air terjun bidadari karena jika hujan datang dan setelah itu mentari muncul maka sering nampak pelangi di air terjun ini. Penduduk sekitar percaya bahwa pelangi tersebut merupakan jembatan dari surga yang dilalui para 7 bidadari untuk mandi di telaga itu.

  • Rafting Sungai Cisadane

Sungai Cisadane adalah salah satu sungai yang berada di wilayah Kabupaten Bogor. Sungai Cisadane sering digunakan sebagai tempat wisata air yaitu rafting atau arung jeram karena memiliki arus yang deras dan jeram yang menantang.

Tempat yang sangat cocok buat kamu yang menyukai wisata olahraga adventure. Rafting sangat bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga pembangunan mental baik kemandirian, kepemimpinan dan keberanian dengan tidak mengesampingkan unsur fun dan safety tentunya.

  • The Jungle Fest

The Jungle Fest merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang masih terbilang masih baru. Namun begitu tempat wisata di Bogor ini sekarang ini telah menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Barat khususnya kawasan Bogor dan sekitarnya.

Nah itu dia kurang lebih penjelasan seputar tentang kota Bogor, kenapa disebut dengan kota hujan dan beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di sana. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan kamu ya…