“Eiffel” Monumen Indah Yang Wajib Dikunjungi

“Eiffel” Monumen Indah Yang Wajib Dikunjungi

Siapa sih yang gak tahu tentang menara yang satu ini. Menara Eifel ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Banyak orang berbondong-bondong datang hanya untuk melihat keindahan dari menara ini. Bahkan ada juga pembuatan film yang mengambil latar dengan menggunakan Menara Eiffel ini. Nah, selain memiliki keindahan yang mempesona ternyata ada juga bebeapa kisah menarik di balik menara yang ada di Paris ini.

Jika kalian ingin mengunjungi Landmark dari Paris ini, kalian juga harus mengetahui kisah-kisah yang ada pada menara Eiffel ini. Inilah sedikit ulasan tentang menara Eiffel yang mengagumkan ini.

Cerita Dibalik Menara Eiffel

Di tahun 1885 ada sebuah perencanaan untuk melakukan pameran internasional atau World’s Fair of 1889, yang dimaksudkan untuk merayakan ulang tahun Revolusi Perancis dan kelahiran demokrasi yang ke 100.

Pada waktu itu, orang-orang Perancis menginginkan dibangunnya sebuah monumen untuk merayakan kebesaran Prancis. Ratusan proposal desain diajukan dalam sebuah kompetisi. Komisaris memilih secara adil dan memilih desain milik Gustave Eiffel, tapi itu ternyata menjadi kontroversial yang ditandatangani oleh lebih dari 300 orang yang memprotes pembangunannya.

Eiffel menegaskan menara itu akan dibangun dari perhitungan matematika Eiffel, namun beberapa penentangnya masih khawatir tentang keselamatan, meskipun fitur desain telah dilengkapi dengan pagar pengaman. Ada juga yang mengatakan kalau pembangunan menara itu hanya akan menyakitkan mata saja dan juga akan mengalahkan Landmark kota lainnya seperti Arc de Triomphe dan Notre Dame.

Ada sekitar 3oo orang yang bekerja keras selama hampir tiga tahun untuk membangun struktur dari menara ini. Eiffel telah memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris.

Kota ini telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini kemudian dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kedaluwarsa.

Para militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama dan menara itu juga telah menjadi monumen kemenangan pertempuran itu.

Sampai tahun 1930 Menara Eiffel merupakan struktur buatan manusia yang tertinggi di dunia. Selama waktu pembangunannya, telah ada lebih dari 200 juta orang telah mengunjungi tengara ini.

Struktur Dari Bangunan Menara Eiffel

Menara Eiffel ini dibangun diatas kota Camp de Mars tepi sungai Seine, Paris, Perancis. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pembangunan menara eiffel ini telah dimulai pada tahun 1887 dan selesai dan diresmikan pada 6 mei 1889 dengan melibatkan banyak pekerja yaitu sekitar 300 orang.

Sejarah dari menara Eiffel telah mencatat berat menara ini mencapai 10 ribu ton yang disusun oleh 18,038 potongan besi tempa dan 2,5 juta paku keliling, hal itu membuat para pekerja benar benar kuat mengatur struktur menara eiffel.

Awal pembangunan Menara Eiffel sudah mendapat banyak kritikan yang menilai bentuk strukturnya yang dianggap tidak ada nilai seninya. Namun Gustave mengatakan bahwa sebelumnya struktur menara eifffel sudah diperhitungkan secara matematika, bahkan tiupan angin sudah diperhitungkan sehingga mampu bertahan walau angin menghembus.

Berikut adalah spesifikasi dari Menara Eiffel :

  • Bahan yang digunakan untuk konstruksi ini adalah : Besi baja dikaitkan dalam bentuk persilangan dari 18.038 biji yang diperkuat dengan 2.500.000 paku. Kerangka dari karya Gustave Eiffel ini tahan angin dan walaupun bahannya dari besi dan berat menaranya 7.300 ton.
  • Tinggi : dari tanah sampai tiang bendera, tingginya mencapai 312.27 meter pada tahun 1889, sekarang 324 meter dengan antenanya. Saat ini, berbagai perusahaan televisi Perancis memasang antena mereka di puncak Menara Eiffel.
  • Penerangan : “Garis Besi” ini diterangi dengan 352 projektor 1.000 watts dan berkedip setiap setengah jam pada malam hari dengan 20.000 bola lampu dan 800 lampu disko.
  • Jumlah tangga : Ada 1.665 tangga bagi pengunjung yang senang olah raga. Ada 2 buah lift yang naik ke tingkat dua dimana kalian bisa ditemukan berbagai toko suvenir.

Pro Dan Kontra Yang Ditimbulkan Dari Menara Eiffel

Ketika menara Eiffel secara resmi di buka untuk umum, banyak penduduk di kota Paris yang pro maupun kontra dengan adanya menara ini. Meskipun begitu, jutaan wisatawan telah banyak yang datang berkunjung ke Paris untuk melihat menara Eiffel. Namun, warga paris masih dihantui rasa takut jika Menara setinggi 227 meter itu ambruk dan mereka menjadi korbannya.

Semakin hari menara Eiffel semakin dikenal di seluruh dunia sehingga ini telah menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Perancis. Menara ini sangat dikagumi di dunia karena pada saat itu kita dapat melihat pemandangan dari ketinggian 225 meter dan itu sangat luar biasa. Inilah alasan dari berbagai warga negara asing yang datang berkunjung hanya untuk melihat dan mengaguni menara ini

Para seniman pelukis juga menunjukan sikap tidak suka dengan adanya menara Eiffel karena dianggap menganggu obyek gambar kota paris, namun seiring berjalannya waktu saat ini malah Eiffellah yang menjadi obyek kota Paris untuk dilukis.

Menara Eiffel Ternyata Tidak Hanya Ada Di Perancis

Meskipun sempat terjadi pro dan kontra atas pembuatan menara Eiffel ini. Namun, pada akhirnya menara Eiffel telah menjadi karya seni paling indah bahkan romantis yang telah dikenal di seluruh dunia.

Ini telah dibuktikan dengan adanya replika dari menara Eiffel yang diciptakan selain di Paris, bahkan di Indonesia juga ada loh. Berikut ini adalah beberapa replika menara Eiffel dari seluruh dunia.

Punti Kayu Palembang

Daftar yang pertama kali kita akan memasukkan adalah Indonesia sebagai tempat yang memiliki replika Masyarakat Pelembang kini telah dapat menikmati keindahan miniatur Menara Eiffel di Punti Kayu Palembang.

Di tempat ini, miniatur Menara Eiffel akan berdiri kokoh dengan dikelilingi oleh hutan pinus yang sangat dijaga keasriannya. Selain Menara Eiffel, di tempat wisata ini juga telah dihadirkan ikon dunia lainnya yang dilengkapid dengan water park dan kebun binatang mini.

Hangzhou, China

Replika Menara Eiffel yang terletak di Hangzhou, China ini dibangun tahun 2007 dengan skala 1:3. Kota Hangzhou di China adalah tempatnya berbagai replika landmark. Mulai dari Mount Rushmore, The White House, sampai Menara Eiffel. Sekarang, kota tersebut sudah seperti kota berhantu yang ditinggalkan.

Durango, Meksiko

Replika Menara Eiffel yang satu ini merupakan hasil donasi komunitas warga Prancis di Durango, Meksiko. Sayangnya, vandalisme menjadi masalah utama di menara ini. Meskipun begitu replika Eiffel di Durango masih disinari lampu saat malam dan punya ayunan raksasa yang terletak di bawahnya.

Texas, Amerika Serikat

Di Texas ternyata ada suatu daerah bernama Paris. Maka pada tahun 1993 dibangunlah replika Menara Eiffel dengan skala 1:16. Replika ini ditambahkan topi koboi di atas sebagai ciri khas kota Texas. Wow keren.

Museum Angkut

Tak hanya memajang berbagai macam transportasi, Museum Angkut juga menawarkan wahana-wahana terkenal dunia. Misalnya saja Wahana Paris yang menghadirkan suasana di kota Paris lengkap dengan Menara Eiffelnya. Menara ini dilengkapi dengan lampu-lampu sehingga menara ini menjadi nampak bercahaya.

Las Vegas, Amerika Serikat

Replika Menara Eiffel ini menjadi replika yang terbesar, dengan skala 1:2 alias setengah dari ukuran Eiffel yang asli. Replika Eiffel yang satu ini terkenal di seluruh Amerika Serikat dan menjadi bagian dari Paris Las Vegas Casino di Vegas Strip.

Alam Sutra Selo Boyolali

Sekarang ada spot terbaik untuk menikmati indahnya Merapi dan Merbabu sekaligus. Di Boyolali ada Menara Eiffel tiruan yang ramah lingkungan karena terbuat dari bambu. Menara ini terdiri dari 3 lantai yang menjulang sepanjang 13 meter.

Selain pegunungan, ladang hijau juga menjadi pemandangan tambahan. Kalau sedang beruntung, panorama menawan ini akan disempurnakan dengan Elang Jawa yang melintas di langit.

Berbagai Fakta Tentang Menara Eiffel

Ketika menara Eiffel mulai sudah banyak terjadi berbagai permasalahan. Salah satunya adalah masyarakat Paris yang selalu merasa ketakutan kalau menara itu akan jatuh dan merekalah yang menjadi korban, Namun, seiring berjalannya waktu ketakutan itu pun menghilang.

Selain dari itu semua masih ada beberapa fakta unik yang kalian harus tahu. Berikut ini adalah faktanya,

Hampir dirobohkan saat berusia 20 tahun

Setelah menara Eiffel ini berdiri selama 20 tahun, menara ini pun hampir dihancurkan. Namun, berhasil diselamatkan oleh ilmu sains yang menganggap menara tersebut memiliki banyak kegunaan – misalnya, sebagai antena untuk transmisi sinyal radio.

Sekarang, sebagai salah satu tempat wisata populer di dunia, menara Eiffel masih memiliki manfaat yang cukup penting di dunia sains dan teknologi. Stasiun televisi dan radio masih menggunakan menara ini untuk memancarkan sinyal mereka.

Menurut The Verge, dua turbin angin juga dipasang di menara Eiffel. Turbin angin ini menyediakan listrik yang cukup bagi kawasan di sekitar menara juga sebagai simbol energi ramah lingkungan.

Paat Saat Pertama Kali Dibuka, Lift Menara Eiffel Belum Bisa Digunakan

Ketika pertama kali dibuka pada 6 Mei 1889, ternyata lift di menara Eiffel belum berfungsi. Jadi orang yang ingin naik ke lantai paling atas harus bersiap menaiki anak tangga sebanyak 1,710. Dari 6 Mei sampai 26 Mei 1889, ada 30 ribu orang mengunjungi menara Eiffel tanpa menggunakan lift. Gempor lah tuh kaki.

Gustav Eiffel bukan yang memikirkan ide pertama menara Eiffel

Jika kalian melihat disejarah-sejarah, pasti nama Gustav Eiffel selalu hadir didalamnya. Bahkan di menara Eiffel sana, ada patung Gustav Eiffel terpahat disana. Sebenarnya, ide menara Eiffel ini datang dari Maurice Koechlin dan Emile Nouguier. Bahkan ketika Gustav Eiffel menerima ide dari menara Eiffel dia tidak tertarik dan menyuruh arsitek lain Stephen Sauvestre untuk mengurus semuanya.

Beban dari menara ini sangat berat

Memang sudah sangat terlihat jelas kalau menara ini memang berat. Namun apakah kalian tahu berat sebenarnya dari menara ini, Beban dari berat menara ini adalah sekitar 10000 ton. Hayo beratan mana sama beban hidup?

Masalah pada besi yang akan berkarat

Sebagai bangunan yang terbuat dari besi, satu hal yang bisa menjadi masalah, yaitu karat. Oleh karena itu,  setiap 7 tahun sekali menara di paris ini akan dicat dengan 50 ton cat. Coba kalian bayangin ssndiri gimana perjuangan ngecat tuh menara, pake tim bedah rumah kali ya, hehe…

Masih banyak yang tidak menyukai pembangunan ini

Meski sekarang menjadi symbol kota paris, dulunya tidak semua orang suka dengan menara ini ketika pertama dibangun. Banyak yang mengkritik bentuknya yang terlalu berani.

Tinggi Setiap Tahun Berubah

Faktanya menara Eiffel dibuat menggunakan besi dan pergerakan menara Eiffel setiap tahunnya dapat berubah. Pada musim kemarau, besinya memuai sampai strukturnya naik 6 inch .

Nah, itu dia yang harus kalian tahu tentang menara Eiffel ini. Jadi selain jalan-jalan kalian juga jadi tahu donk tentang bagaimana menara ini bisa dibangun. Nah, kalau kalian ada yang liburan jangan lupa oleh-olehnya, hehe….