Ingin Berlibur Ke Bogor? Yuk, ” Ke Kota Hujan” Bogor

Ingin Berlibur Ke Bogor? Yuk, ” Ke Kota Hujan” Bogor

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Kota Bogor, si kota hujan di kaki gunung yang hanya berjarak ‘selemparan batu’ dari Jakarta. Nah, bagi yang sedang merencanakan liburan untuk putra-putrinya, ini dia tempat-tempat penuh keceriaan dan petualangan bagi sang buah hati. Ayo panggil si kecil sekarang dan kita mulai berkemas. Tujuan petualangan berikutnya: Bogor!

Mengenal Kota Bogor

Seperti yang sudah di jelaskan diatas bahwa kota bogor ini memiliki hawa menyejukan serta bisa di bilang adem juga. Bahkan disaat hujan kota ini membuat kita tidak terasa apa-apa disaat bulan puasa. Sambil menunggu waktu buka puasa, alangkah baiknya jika kita menghabiskan waktu dengan kegiatan positif, seperti ngabuburit di beberapa fasilitas umum yang tersedia di Bogor.

Tidak perlu khawatir menjadi gabut alias tidak ada kerjaan saat menunggu waktu buka puasa. Pasalnya, Bogor ini juga memiliki sejumlah tempat ngabuburit yang menarik untuk dikunjungi. Karena disini saya sudah merangkum 10 tempat ngabuburit di Bogor yang bisa Anda lihat daftarnya di sini.

Tempat Ngabuburit di Bogor

Memang jika sudah berbicara mengenai jalan-jalan tidak akan pernah ada habisnya. Justru malah ini menyenangkan meskipun capek. Tapi apa boleh buat, sambil menunggu berbuka puasa tiba. Maka momen inilah yang dapat dilakukan oleh orang-orang untuk ngabuburit tempat tersebut. Jadi tidak disangka-sangka bahwa tempat ini ada yang menantikannya. Jadi daripada penasaran yuk kita lihat di bawah ini.

1. Taman Kencana

Tempat ngabuburit di Bogor memang didominasi dengan ruang hijau yang teduh dan asri, seperti Taman Kencana ini. Taman yang cukup luas ini selalu ramai dikunjungi muda-mudi saat akhir pekan. Saat bulan puasa, Taman Kencana juga menjadi cukup ramai karena banyak orang yang ngabuburit di sini. Banyaknya pepohonan yang rindang membuat taman ini jadi lebih sejuk.

Yang menarik, taman ini dekat sekali dengan restoran maupun pedagang kaki lima yang menjual makanan. Jadi, ketika adzan maghrib berkumandang, Anda bisa langsung membatalkan puasa dengan menuju ke sejumlah tempat makan yang ada di dekat Taman Kencana.

2. Taman Topi

Taman yang dulunya nampak berantakan ini, kini disulap oleh pemerintah kota setempat menjadi taman yang asyik. Ada berbagai wahana permainan dan playground di taman ini yang pasti akan membuat anak-anak senang. Sesuai dengan namanya, di dalam taman ini terdapat sejumlah toko yang atapnya berbentuk topi.

Taman yang unik ini bisa menjadi tempat jalan-jalan yang asyik sembari menunggu waktu buka puasa tiba. Mengingat taman ini sangat unik, maka sebaiknya jangan melewatkan kesempatan untuk mengambil foto di Taman Topi.

3. Taman Rektorat IPB

Insititut Pertanian Bogor adalah salah satu perguruan tinggi favorit di kota hujan. Di sekitar rektorat universitas ini terdapat taman yang dinamakan Taman Rektorat IPB. Saat menjelang buka puasa, mahasiswa IPB biasa menghabiskan waktu di taman ini. Akan tetapi, Taman Rektorat IPB tidak hanya khusus mahasiswa saja, masyarakat umum juga boleh berkunjung kemari.

Duduk-duduk santai sambil ngobrol di bawah pepohonan rindang yang ada di Taman Rektorat IPB ini bisa menjadi suatu kegiatan yang menarik. Apalagi di sekitar kampus juga terdapat warung maupun restoran yang bisa langsung dikunjungi jika adzan Maghrib mulai berkumandang.

4. Kebun Raya Bogor

Siapa yang tidak kenal dengan tempat ngabuburit di Bogor yang satu ini? Kebun Raya Bogor memang sangat terkenal di kalangan masyarakat Bogor. Bahkan, warga dari luar Bogor pun juga cukup familiar dengan nama Kebun Raya Bogor. Kebun botani seluas 87 hektare ini memiliki 15 ribu jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Ngabuburit di sini pasti tidak akan membuat Anda bosan karena lahannya sangat luas dan banyak spot menarik di dalamnya. Salah satu spot menarik adalah danau. Banyak orang yang memilih bersantai di tepi danau yang cukup luas ini. Nah, apakah Anda juga berminat mengunjungi Kebun Raya Bogor?

5. Taman Air Mancur

Walaupun tidak sebesar taman-taman lain yang ada di Bogor, Taman Air Mancur ini merupakan tempat ngabuburit sekaligus nongkrong yang cukup populer bagi masyarakat Bogor.

Jika air mancurnya dinyalakan, maka semburan airnya keluar dari dalam tanah. Akan tetapi, air mancur di taman ini tidak selalu dinyalakan. Ada beberapa waktu di mana air mancurnya memang dimatikan. Namun, suasana di Taman Air Mancur ini sudah cukup nyaman untuk dijadikan tempat santai sambil menunggu waktu buka puasa.

6. Lapangan Sempur

Suka ngabuburit di tempat yang ramai? Datang saja ke Lapangan Sempur. Lapangan yang satu ini biasa dipakai orang untuk berolahraga. Ketika bulan puasa bukan hanya orang yang berolahraga saja, tapi banyak masyarakat Bogor yang ingin santai di sini sembari membeli jajanan di pedagang kaki lima untuk disantap saat buka puasa.

Lapangan ini tidak pernah sepi pengunjung. Terdapat warga Kota Bogor yang duduk-duduk santai di atas rumput hijau di lapangan ini sambil bercengkrama satu sama lain. Jadi, kalau Anda ingin ngabuburit ramai-ramai saat berada di Bogor, silakan datang ke Lapangan Sempur.

7. Bundaran Taman Yasmin

Sebagian orang suka ngabuburit di tempat yang ramai dan banyak disinggahi oleh pedagang makanan agar lebih mudah ketika ingin membeli makanan untuk buka puasa. Bundaran Taman Yasmin adalah tempat ngabuburit di Bogor yang banyak disinggahi oleh pedagang kaki lima yang menjual berbagai jenis makanan.

Jika Anda memilih tempat ini sebagai tempat ngabuburit, maka Anda tidak perlu pusing mencari makanan untuk buka puasa. Ada banyak pedagang makanan yang berjualan di sekitar bundaran ini. Ngabuburit sambil berburu takjil favorit masing-masing memang bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sambil menunggu waktu buka puasa.

8. Masjid Raya Bogor

Ngabuburit tidak harus selalu berjalan-jalan, ngobrol bersama teman, atau berburu takjil. Anda bisa mengisi waktu ngabuburit dengan kegiatan positif, seperti iktikaf di masjid. Nah, Masjid Raya Bogor adalah tempat yang paling cocok untuk mendekatkan diri kepada Allah sambil memperdalam pengetahuan agama.

Masjid dengan arsitektur yang mewah dan vintage ini memang sangat terkenal di Bogor. Banyak orang yang menghabiskan waktu ngabuburit di masjid ini. Dari masjid ini Anda juga bisa menikmati pemandangan sunset dan tampilan Gunung Salak dari kejauhan.

9. Taman Corat Coret

Salurkan hobi menggambarmu di Taman Corat Coret. Meskipun sedang berpuasa, Anda tetap harus produktif dan tidak bermalas-malasan. Jika hobi Anda adalah menggambar, cobalah untuk membuat grafiti di Taman Corat Coret ini. Ada banyak sekali pemuda yang gemar membuat grafiti menyalurkan hobinya di taman ini.

Terdapat berbagai jenis mural yang terdapat di dalam kantor ini. Jangan heran jika Anda melewati Taman Corat Coret pada sore hari akan terlihat banyak sekali anak-anak muda yang berkonsentrasi membuat mural art sesuai kreativitasnya masing-masing.

10. Taman Heulang

Satu lagi tempat ngabuburit favorit bagi masyarakat Kota Bogor, yaitu Taman Heulang. Dahulu, taman ini merupakan lapangan yang kurang terawat. Sejak disulap menjadi sebuah taman, tampilan Taman Heulang ini nampak lebih rapi dan nyaman.

Area taman ini cukup luas sehingga tidak membuat pengunjung yang datang jadi berdesakan satu sama lain. Menariknya, di sekitar taman juga terdapat banyak penjual makanan yang stand-by agar pengunjung bisa membeli makanan di tempatnya untuk berbuka puasa.

Makanan Yang Ada Di Bogor

Berbicara tentang wisata Bogor, kota ini mempunyai beragam sajian makanan khas yang menggugah selera. Mulai dari makanan ringan yang cocok dijadikan cemilan dan oleh-oleh, sampai dengan makanan berat yang cocok disantap saat sarapan atau makan siang. Pada artikel kali ini akan dipaparkan mengenai makanan khas Bogor dan oleh-oleh khas Bogor yang dapat kamu simak dan dijadikan referensi, berikut ulasannya:

1. Bir Kotjok

Setelah banyak membahas mengenai makanan khas Bogor dan cara membuatnya, saatnya mengulas tentang minuman khas Bogor bernama bir kotjok. Minuman ini tidak memabukkan dan malah berkhasiat untuk kesehatan. Meskipun kotjok ini terbuat dari jahe merah, cengkeh, kayu manis, gula pasir dan aren. Sama sekali tidak ada campuran alkoholnya. Minuman ini dapat Anda temukan di Jalan Surya Kencana setelah perempatan Gang Aut.

2. Brownies Pisang

Meskipun kuliner ini belum setenar talas Bogor dan makaroni panggang, namun tidak ada salahnya Anda mencoba brownies pisang ini. Anda bisa membelinya di d’fla cake house yang berada di Jalan Pangrango Nomor 3, dekat dengan Taman Kencana. Rasanya sangatlah enak dan teksturnya lembut. Brownies pisang ini terdiri dari 3 rasa, yaitu rasa pisang original, rasa keju, dan rasa green tea.

3. Papapia

Papapia berdiri sejak tahun 2008 dan resepnya merupakan resep warisan keluarga. Rasa papapia sangat enak sehingga sulit untuk dilupakan. Jika kamu ingin membeli papapia silahkan datang ke Jalan Dalurung I Nomor 16, Bantarjati, Bogor. Satu box papapia diberi harga sekitar 25 ribu sampai dengan 30 ribu.

4. Sop Buah Pak Ewok

Sop buah yang terkenal enak dan murah ini salah satu kuliner yang legendaris di Bogor. Mulai dari anak kecil sampai orang tua doyan dengan sop buah pak ewok yang berslogan “segar, enak, dan mura” ini. Satu mangkuk sop buah pak ewok dijual dengan harga 8 ribu rupiah saja. Namun untuk sop buah durian dijual dengan harga 13 ribu rupiah.

5. Strudel Bogor

Makanan khas Bogor Jawa Barat yang satu ini merupakan jenis kue kekinian hasil kreatifitas insan pecinta kuliner. Tampilannya unik dan menggoda berasal dari campuran asinan dan kue strudel. Perpaduan rasa manis, asam dan pedas dalam satu gigitan sungguh membuat lidah bergoyang. Strudel bogor cocok kamu jadikan oleh-oleh karena bisa bertahan hingga 7 hari bila disimpan di dalam kulkas.

6. Lasagna Gulung

Lasagna gulung disajikan dalam berbagai macam rasa, diantaranya tunas, ayam, kerang, dan beef. Tempat yang menjual lasagna gulung ini sama dengan penjual macaroni panggang. Kuliner kekinian ini patut kamu coba saat berkunjung ke Bogor.

Kedai kita merupakan satu dari sekian banyak cafe di Bogor yang menyajikan pizza kayu bakar. Cara membuat pizza tersebut bukan dipanggang di oven modern, melainkan di bakar dengan kayu di atas sebuah tungku. Rasanya gurih dan lezat. Satu porsi pizza kayu bakar dapat Anda dapatkan dengan membayar 60 ribu rupiah saja.

7. Daiji Ramen

Daiji ramen yang menyediakan sajian kuliner dari Jepang ini berada di Jalan Pajajaran. Tempatnya terbagi menjadi dua, yaitu ala ala kedai Jepang dan ala ala resto. Jika kamu ingin mencoba merasakan sensasi jejepangan di tanah Bogor, kamu harus mencoba makan di tempat ala ala Jejepangan. Rasakan sensasi makan ramen Jepang, tapi berdiri di atas tanah wilayah Bogor dengan cuaca khas Bogor yang dikenal dengan kota hujan.

8. Pangsit Pengantin

Makanan khas Bogor murah ini konon katanya dulu disajikan hanya untuk pasangan muda yang sedang dimabuk asmara atau pengantin baru. Tapi, sekarang banyak juga orang yang memfavoritkan sajian kuliner ini karena rasanya yang enak. Satu porsi pangsit pengantin ini terdiri dari sejenis bihun yang disajikan dengan ayam cincang, irisan daun bawang, rollade, dan juga pangsit. Memang pas jika dimakan bersama dengan pasanganmu hehe. Makanan aja bisa romantis ya, masa kamu kalah sih.

Nah, penasaran kan sama rasa makanan khas Bogor yang sesungguhnya? Makanya buruan pesan tiket ke Bogor dan rasakan sendiri sajian kuliner khasnya. Kalau mampir ke daerah puncak Bogor, jangan lupa juga untuk membeli oleh oleh khas Puncak Bogor untuk dibagikan ke teman-teman dan sanak saudara ya. Selamat berlibur dan selamat berburu kuliner khas Bogor!

9. Sate Sumsum dan Ginjal Sapi Pak Oo

Sate sumsum dan sate ginjal sapi tentunya merupakan varian sate yang unik karena beda dari jenis sate yang biasanya hanya dari olahan daging. Katanya, sate di warung Pak oo ini mempunyai rasa yang sangat lezat dan aromanya harum. Tekstur masakannya pun kenyal. Sate sumsum dan ginjal sapi pak oo berada di Jalan Surya Kencana Nomor 193, pusatnya kuliner di Bogor.

10. Ceker Ranjau

Makanan khas Bogor dekat stasiun yang satu ini berbahan dasar ceker ayam yang disiram dengan kuah kari pedas ditambah dengan nasi putih hangat. Tempat yang menjual ceker ranjau ini cukup terkenal di kalangan para pegawai karena buka di saat jam pulang kantor sampai dengan jam 9 malam.

11. Mie Rampok

Mie rampok berisi mie basah, daun bawang, sayap ayam, dan disiram kuah kari. Biasanya disajikan bersama dengan kerupuk. Mie rampok dijual di warung makan berkonsep food street atau kaki lima yang berada di depan Cibinong City Mall, sedangkan cabangnya berada di ruko dekat SMP 2 Cibinong, Bogor.

12. Bakso Setan

Bakso setan merupakan sajian kuliner dari bakso yang ukurannya sangat besar. Bakso yang dijual disini berukuran jumbo sampai-sampai penyajiannya dipisah antara bakso dengan kuah dan mienya. Bakso setan ini dapat kamu temukan di Cimanggu atau di pertigaan taman safari puncak Bogor.

13. Cimory

Resto yang dikenal dengan produk susu sapi dan yoghurtnya ini terletak di kawasan puncak Cisarua, Bogor. Merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi karena menyajikan berbagai macam menu olahan dari susu sapi segar langsung dari peternakan sapi dan juga olahan sosis yang rasanya berbanding lurus dengan harganya.

14. Ayam Goreng Aroma

Ayam goreng aroma merupakan menu andalan di salah satu resto yang ada di Taman Kencana. Ayam goreng yang ditawarkan mempunyai rasa gurih dengan aroma yang harum. Belum lagi tambahan sambal khas yang pedas. Menambah selera makan kamu deh pastinya!

15. Pizza Kayu Bakar Kedai Kita

Kedai kita merupakan satu dari sekian banyak cafe di Bogor yang menyajikan pizza kayu bakar. Cara membuat pizza tersebut bukan dipanggang di oven modern, melainkan di bakar dengan kayu di atas sebuah tungku. Rasanya gurih dan lezat. Satu porsi pizza kayu bakar dapat kamu dapatkan dengan membayar 60 ribu rupiah saja.

16. Talas Khas Bogor

Makanan khas Bogor yang terkenal satu ini tentunya pernah Anda dengar dan bahkan cicipi kan? Ya, talas Bogor merupakan kuliner khas Bogor yang namanya sudah melegenda. Cara pengolahannya dengan dikukus seperti brownies dan terdiri dari dua warna, yaitu kuning di bawah dan ungu di lapisan atas. Di bagian atas biasanya diberi taburan keju.

17. Soto Kuning

Rasanya enak dan lezat. Seperti namanya, soto ini memiliki kuah kuning dari kunyit dan santan yang bersatu. Ditambah lagi dengan bumbu rempah yang dicampur ke dalamnya. Soto kuning disajikan dengan tambahan lauk berupa babat, kikil, atau daging sesuai selera pembelinya.

18. Roti Unyil

Oleh-oleh makanan khas Bogor Jawa Barat yang satu ini bentuknya kecil sehingga dinamakan roti unyil. Cukup satu suapan saja ketika makan satu buah roti unyil. Rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan cemilan. Selain itu, roti unyil biasa kamu bawa pulang ke daerah asal sebagai buah tangan karena kemasannya mudah untuk dibawa.

19. Macaroni Panggang

Makanan favorit dari Bogor ini mirip dengan macaroni schotel bertekstur garing di luar dan lembut di dalam. Ukuran dalam penyajiannya pun ada tiga macam, yaitu small, medium, dan large. Jika ingin dijadikan oleh-oleh, sebaiknya kamu membeli ukuran medium ataupun large.

20. Es Pala

Minuman ini sudah ada sejak jaman Belanda. Terbuat dari irisan buah pala dan gula pasir yang ditambah sedikit garam. Bahan tersebut kemudian direbus, setelah itu baru disajikan dengan diberi es. Rasanya segar dan aromanya harus. Es pala ini selain menyegarkan juga bermanfaat untuk kesehatan seperti mengatasi insomnia, mengatasi rasa mual, mengurangi nyeri datang bulan, dan melancarkan pencernaan.

Nah, demikian itulah yang terdapat pada kota bogor, jadi bagi Anda yang penasaran dengan rasa makanan khas Bogor yang sesungguhnya? Makanya buruan pesan tiket ke Bogor dan rasakan sendiri sajian kuliner khasnya. Kalau mampir ke daerah puncak Bogor, jangan lupa juga untuk membeli oleh oleh khas Puncak Bogor untuk dibagikan ke teman-teman dan sanak saudara ya. Selamat berlibur dan selamat berburu kuliner khas Bogor!