Liburan Bareng Teman? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini

Liburan Bareng Teman? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini

Hai guys, musim liburan udah tiba nih. Gimana dengan kalian, apakah sudah mempersiapkan jadwal liburan? Apa jangan-jangan kalian hanya di rumah saja? Duh jangan dong, sesekali kamu juga harus liburan untuk merefreshkan pikiran. Kamu bisa liburan bareng teman-teman kamu ke suatu tempat. Ya, itu pasti akan lebih seru bukan?

Nah tapi jangan ingat senang dan serunya aja ya guys, kenapa? Ya, ketika memutuskan untuk pergi liburan bareng teman-teman, ada beberapa hal yang harus kalian pikirkan agar nantinya tak terjadi hal yang tidak diinginkan atau terjadi perdebatan. Mau tahu gimana kelanjutannya? Silahkan ikuti terus artikel berikut ini.

Mengisi Hari Libur Bersama Teman Akan Lebih Seru

Hari libur merupakan suatu masa di mana orang-orang meluangkan waktu yang bebas dari pekerjaan atau dunia persekolahan. Hari libur sangat ditunggu-tunggu oleh semua orang karena ingin melepaskan penat dari pekerjaan atau hal yang membuat pikiran lelah. Ya, liburan merupakan moment untuk bersenang-senang dan seru-seruan.

Apakah liburan itu penting? Ya, tentu saja. Dengan berlibur, pikiran seseorang akan lebih segar dan jernih serta bisa membuatnya menjadi lebih produktif. Berlibur bisa menjadi alasan yang tepat untuk melepaskan diri dari berbagai rutinitas tersebut.

Oleh karena itu, setelah liburan kamu bisa mendapatkan ide-ide atau inspirasi brilian yang bisa dibawa untuk mengembangkan perusahaan. Tak hanya itu, berlibur merupakan kegiatan yang sangat penting. Karena fungsi jantung dan tekanan darah dapat kembali ke level normal.

Nah menurut kamu, lebih seru liburan bareng teman atau dengan keluarga? Jawabannya sih biasanya tergantung dengan keadaan. Terkadang lebih enak dengan keluarga atau sebaliknya malah lebih enak dengan teman-teman. Jika kamu memilih liburan dengan teman, mungkin keseruan yang kamu jalani tak akan ada habisnya.

Tapi hal yang paling penting sebelum berangkat liburan bareng teman atau sahabat, jangan lupa izin orang tua terlebih dahulu. Berikanlah informasi akan berangkat ke mana, dengan siapa dan sampai kapan kamu akan liburan sehingga tidak akan membuat was-was atau bingung nantinya.

Kelebihan liburan bareng teman-teman adalah tentu segala sesuatunya akan lebih murah karena akan memperkecil biaya yang kamu keluarkan, baik penginapan, transportasi, makan atau tempat wisata. Selain itu, perjalanan bersama teman-teman bisa membuat kamu melihat hal-hal baru yang tidak kamu pikirkan sebelumnya.

Kebanyakan orang lebih memilih berlibur bersama teman-teman karena mereka merasa liburan bareng teman itu lebih menyenangkan. Kamu tidak perlu merasa jaim atau malu-malu kalau mau ngapain aja. Dengan kata lain, kamu bisa bebas berekspresi ya. Mau ngapain aja, terserah kamu (Dengan catatan hal yang dilakukan harus tetap positif). Selain itu, kamu juga bisa seru-seruan bareng teman kamu dan berbagi pengalaman bersama.

Hal Yang Harus Dipikirkan Ketika Liburan Dengan Teman

Pergi liburan bareng teman memang seru, namun terkadang muncul beberapa kendala. Kemungkinan untuk berselisih pendapat dalam perjalanan akan lebih besar. Bandingkan jika kalian hanya liburan sendiri atau dengan keluarga yang sudah lebih mengerti dan mengenal kepribadian kita.

Nah sebelum kamu benar-benar berangkat, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan agar liburanmu bersama mereka bisa berjalan lancar tanpa terjadi perselisihan di tengah jalan. Bayangin aja kalau selama traveling kalian malah berantem dan pulang dalam status perang dingin atau justru tidak lagi berteman, tentu saja itu menjadi penyesalan bukan?

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kalian diskusikan agar perjalanan dan liburan menjadi hal yang menyenangkan dan tak terlupakan:

  • Membuat Jadwal Traveling Sebelum Berangkat

Dari pada nantinya kalian bertengkar hanya karena yang satu ingin ke tempat A dan yang satu ingin ke tempat B, sebaiknya tentukan tujuan perjalanan jauh sebelum keberangkatan. Ya, hal pertama dan yang terpenting adalah menentukan destinasi liburan.

Destinasi itu sebaiknya disepakati oleh setiap orang yang akan traveling bersama. Jangan sampai harus ada yang mengalah, karena tidak suka dengan sebuah destinasi. Carilah destinasi lengkap, dengan tempat-tempat yang diinginkan kamu dan teman-teman.

  • Pergi Bareng Teman Yang “Sejiwa”

Maksudnya disini sejiwa itu adalah yang memiliki pemikiran sama dengan teman yang lainnya atau yang memiliki visi yang sama. Pergilah bersama dengan teman-teman yang memang suka petualangan, menyenangkan dan yang paling penting gak terlalu bergantung sama orang lain.

Kalian juga sebaiknya punya ketertarikan dan bujet traveling yang serupa. Dengan begitu, kalian bisa lebih mudah untuk mengambil keputusan bersama, kayak naik transportasi apa, menginap di mana serta mengunjungi tempat-tempat mana aja setibanya di sana.

  • Uang Yang Dikeluarkan

Jumlah uang yang dikeluarkan berbeda dengan bujet. Setelah menyisihkan bujet untuk traveling, tinggal pikirkan cara mengeluarkan uang dengan efektif bersama teman-teman. Dalam beberapa hal seperti transportasi dan konsumsi, kamu bisa menggabungkan uang dengan teman.

Misalnya, seluruh biaya transportasi hari ini menggunakan uang kamu sementara untuk konsumsi menggunakan uang teman. Tentukan sendiri kapan kamu dan teman akan hitung-hitungan soal biaya tersebut. Jangan lupa catat tiap pengeluarannya ya.

  • Jangan Meminjam Barang

Sebaiknya saat traveling bersama sahabat, tetap selalu persiapkan barang pribadi masing-masing. Sehingga nantinya tidak saling merepotkan dengan pinjam meminjam barang. Apalagi kalau sampai menghilangkannya, itu bisa menjadi masalah. Bukan berarti kamu pelit ya, akan tetapi sebaiknya menjaga hal-hal yang tidak diinginkan agar perjalanan tetap aman lancar.

  • Siapa Yang Menangani Masalah Booking

Ada beberapa hal yang perlu di-booking sebelum traveling. Pesawat, hotel dan juga kereta kalau kamu pergi ke luar negeri. Nah, tentukan siapa yang bertanggungjawab terhadap masing-masing booking. Bisa jadi kamu mengurusi booking hotel dan teman yang satunya mengurusi booking pesawat. Namun sebelumnya, pastikan jadwal pesawat dan lokasi hotel sudah disetujui oleh setiap orang.

  • Jangan Sok Mengatur

Meskipun kamu merasa lebih tahu atau pintar dari pada sahabat, jangan pernah berusaha mengatur segala hal saat traveling seorang diri. Libatkan semua sahabat kamu dalam segala hal yang menyangkut perjalanan kalian, misalnya memutuskan ingin ke mana, makan apa dan sebagainya.

Jika kamu lebih mengerti dalam beberapa hal, cobalah untuk menjelaskan pada sahabat kamu secara baik-baik dan rendah hati. Sehingga ia mengerti maksud dan tujuan kamu untuk perjalanan kalian tanpa membuat kamu terdengar seperti seorang yang sangat ‘bossy’.

  • Menentukan Gaya Liburan

Beda karakter orang, beda pula gaya travelling yang diambil. Jadi, sebisa mungkin sesuaikan gaya jalan-jalan kamu dengan rekan seperjalanan, apalagi kalau ini jadi kali pertama kalian pergi bersama. Ingat, selalu ada jalan tengah untuk setiap hal. Hal kecil sebagai contoh, kamu tidur dengan lampu dimatikan sedangkan teman kamu ingin lampu tetap menyala. Solusinya, biarkan lampu tetap menyala dan pakailah penutup mata. Simple bukan?

  • Jangan Berutang

Jangan sampai setelah traveling atau liburan bukannya meninggalkan kenangan manis, kamu malah meninggalkan utang. Belum lagi jika kamu tidak dapat membayar utang tepat waktu dan membuat orang lain tidak nyaman. Ini hanya akan merusak hubungan persahabatan kalian lho. Meskipun dia sahabat, kamu juga perlu tahu diri dan jangan menyusahkan ya.

  • Jangan Menyalahkan Satu Sama Lain

Ada pepatah yang akrab di telinga traveller saat sedang melancong, ‘expect the unexpected’. Saat traveling atau liburan, bersiaplah untuk hal-hal yang tidak terduga dan bahkan jauh dari harapan kamu. Kamu tidak akan pernah tahu apa yang terjadi dalam perjalanan, sehingga terbukalah untuk semua perubahan tersebut. Termasuk dalam menghadapi rekan-rekan perjalanan kamu, jika ada yang tidak sesuai harapan janganlah saling menyalahkan. Bukannya menyelesaikan masalah, hal ini hanya akan merenggangkan hubungan persabahatan kamu.

  • Tetap Saling Menghargai

Dan yang terakhir adalah saling menghargai. Tinggalkan sifat egois dan mau menang sendiri yang biasa kamu lakukan di rumah. Saat sedang pergi bersama-sama, ikutlah pada keputusan bersama. Meskipun kamu dan sahabat memiliki perbedaan sudut pandang, carilah jalan keluar terbaik demi kenyamanan perjalanan, walaupun itu berarti kamu harus sedikit berkorban. Asalkan semua sama-sama senang ya kan.

Ya itulah hal-hal yang perlu kamu terapkan ketika memutuskan pergi liburan bareng teman-teman atau sahabat kamu. Diskusikan bersama-sama agar liburan akan menjadi hal yang menyenangkan dan tidak terlupakan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya ya, see you….