Mau Lihat Salju? Kunjungi Aja Negara Musim Dingin Yang Indah Ini

Mau Lihat Salju? Kunjungi Aja Negara Musim Dingin Yang Indah Ini

Di negara kita Indonesia ini hanya ada 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Nah kalau di luar negeri terdiri dari 4 musim yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Nah dalam artikel ini kita akan membahas tentang musim dingin, karena sepertinya musim dingin adalah musim yang sangat ditunggu-tunggu ya. Yuk, kita simak aja langsung artikel berikut ini.

Musim Dingin

Musim dingin adalah musim yang terjadi sesudah musim gugur atau sebelum musim semi dan biasanya terdapat di daerah yang mempunyai empat musim. Empat musim banyak dialami negara- negara di dunia kecuali yang beriklim tropis. Empat musim ini memiliki keistimewaannya masing-masing karena pemandangan dan juga keadaan yang ditimbulkannya cukup berdampak bagi aktivitas manusia.

Musim dingin merupakan musim di mana hujan akan turun dan bahkan salju yang turun. Ya, salah satu yang paling menonjol dari musim dingin adalah salju yang membuat seluruh permukaan tanah tertutupi dengan warna putih bersih. Salju merupakan benda padat yang terbuat dari air yang membeku sehingga bisa kita sebut sebagai es. Biasanya salju akan turun ketika musim dingin tiba.

Hujan salju berarti hujan yang terjadi bukan menurunkan air namun menurunkan salju. Musim ini terjadi dimulai pada bulan Desember hingga Februari. Walaupun cuaca sangat dingin dan suhu bisa cukup ekstrim hingga mencapai dibawah 0 derajat celcius, namun tidak menutup kemungkinan untuk beraktivitas di luar rumah.

Tinggal di Indonesia memang menyenangkan, namun sayang negeri kita ini tidak memiliki musim dingin. Bertepatan dengan akhir tahun, tentu negara-negara empat musim kebanyakan tengah merasakan musim dingin. Tapi, apakah musim dingin ini tidak membuat orang-orangnya menggigil ya?

Bagaimana Proses Terjadinya Hujan Salju Di Musim Dingin?

Berawal dari uap air yang berkumpul di atmosfer bumi, kumpulan uap air mendingin sampai pada titik kondensasi (yaitu temperatur di mana gas berubah bentuk menjadi cair atau padat), kemudian menggumpal membentuk awan. Pada saat awal pembentukan awan, massanya jauh lebih kecil daripada massa udara sehingga awan tersebut mengapung di udara persis seperti kayu balok yang mengapung di atas permukaan air.

Setelah kumpulan uap tersebut terus bertambah dan menyatu dengan awan tersebut, massa dari uap juga semakin bertambah sehingga pada suatu saat terjadi kejenuhan dan udara tidak sanggup lagi untuk menampungnya, awan tersebut pecah dan partikel air jatuh ke bumi.

Air yang jatuh ke bumi merupakan air murni yang belum terkotori oleh partikel-partikel lainnya. Air yang murni tersebut tidak langsung membeku pada saat berada di temperatur 0 derajat Celcius, karena terdapat proses lainnya seperti perubahan fase dari bentuk cair ke bentuk yang lebih padat.

Pada umumnya, temperatur udara yang berada di bawah awan berada pada temperatur 0 derajat Celcius. Akan tetapi, jika hanya dipengaruhi oleh temperatur yang rendah saja belum cukup untuk mengubah air menjadi salju. Ada partikel-partikel pencemar yang terlibat dalam proses ini yang disebut nukleator dan berguna juga sebagai perekat antar uap air selain hanya sebagai pengotor saja.

Sehingga partikel air (yang tidak murni lagi) bergabung bersama dengan partikel air lainnya membentuk kristal lebih besar. Temperatur udara yang tidak dapat melelehkan kristal es akan jatuh ke tanah dan membentuk salju. Jika tidak, kristal es tersebut akan meleleh dan sampai di permukaan bumi dalam bentuk hujan air.

Sebenarnya pada kebanyakan kasus di dunia ini, proses turunnya hujan selalu dimulai dengan salju beberapa saat jatuh dari awan, tapi kemudian mencair saat melintasi udara yang panas dan salju itu mencair menjadi hujan air biasa. Sedangkan pada daerah yang memiliki temperatur extreme yang sangat rendah, kristal salju tersebut akan berubah menjadi bola es dan terjadilah hujan es.

Kristal salju memiliki struktur unik, tidak ada kristal salju yang memiliki bentuk yang sama di dunia ini seperti sidik jari kita. Salju yang sudah turun semenjak bumi tercipta hingga sekarang, tetapi tidak satu pun salju yang memiliki bentuk struktur kristal yang sama.

Warna putih pada salju merupakan hal yang menarik untuk diamati. Salju yang memiliki warna putih selalu memberikan keindahan tersendiri. Jika terjadi hujan salju yang lebar, hamparan akan berubah menjadi putih seakan-akan bercahaya yang disebabkan oleh struktur salju yang dapat memantulkan warna ke semua arah.

Tempat Terbaik Yang Bisa Dikunjungi Saat Musim Dingin

Karena di negara kita Indonesia ini tidak memiliki musim dingin dan tidak pernah turun salju, mungkin sebagian dari kamu pasti ada yang ingin sekali melihat dan bahkan ingin memegang dinginnya salju bukan? Nah jangan khawatir, karena di bawah ini adalah beberapa negara atau tempat terbaik yang bisa kamu kunjungi ketika musim dingin. Kira-kira di mana saja ya?

Italia

Kota Venice di Italia bagai disulap menjadi dunia lain saat musim dingin datang. Gang-gang kecil menjadi lebih temaram dengan taburan salju dan bar semakin penuh dengan mereka yang mencari kehangatan. Untuk aktivitasnya, coba kunjungi winery untuk hangatkan diri. Kunjungi restoran-restoran lokal kecil dan rasakan sendiri keramahan warga Italia dan karena makanan dianggap sakral di sana, usahakan jangan menolak bila ditawarkan.

Kanada

Dibangun di atas tebing terjal bernama Cape Diamond, di kota Quebec, kota ini merupakan permata sejati. Sementara di bagian kota tuanya, kamu bisa menemukan akar kota di Eropa yang mempesona sepanjang tahun dan merupakan dimensi baru yang menakjubkan di musim dingin. Jelajahi Rue du Petit Champlain, di mana sepanjang jalan terdapat bar dan bistro yang menyediakan segala sesuatunya, mulai dari pub grub hangat hingga sajian masakan nouvelle yang mewah.

Amerika

Dengan sebutan kota berangin yang melekat pada kota ini, kota Chicago, Amerika memiliki cuaca dengan suhu terdingin pada bulan Januari dan Februari. Berdiri dengan bangganya di sepanjang tepi Danau Michigan, Chicago merupakan kota yang bersahaja, ramah dan berlimpah budaya.

Jangan biarkan cuaca yang dingin menghentikanmu dari keseruan yang ada di kota Chicago. Kamu bisa ber-skating es di Millennium Park, serta berbelanja di Michigan Avenue yang populer di dunia hanyalah segelintir aktivitas dari banyaknya keseruan lainnya yang dapat dinikmati wisatawan selama musim dingin di Chicago.

Finlandia

Berlibur musim dingin di Finlandia dan nikmati serunya bermain ski dan melihat pemandangan northern lights yang pastinya hanya dialami sekali seumur hidup. Untuk bermain ski, pergi ke Helsinki. Untuk lihat pemandangan northern lights, pergilah ke Luosto, Finlandia Utara.

Belanda

Belanda terkenal dengan banyaknya dam. Dam-dam ini juga bisa kita temui di Indonesia. Namun, dam yang beku dan tertutup salju, memang hanya ada di Belanda. Museum menjadi pelarian tepat untuk menikmati libur musim dingin di negara ini, hanya saja telepon dulu untuk menanyakan jam buka karena terkadang di musim dingin, museum sepi dan tidak dibuka.

Banyak museum di negara ini yang menyimpan karya pelukis dunia seperti Vincent van Gogh dan ada juga museum sejarah Anne Frank House. Selain itu, ada kanal sungai Amsterdam gemerlapan di tengah musim dingin dan lampu-lampu kota yang menghiasi skyline Amsterdam memberi pemandangan yang sangat indah dan pastinya Instagrammable.

Jerman

Di Berlin, pemandangan yang tak bisa dilupakan menunggumu. Mulai dari kolam membeku, langit malam dihiasi lampu kota dan salju serta masih banyak lagi keindahan lainnya. Kunjungi Winter Market yang hiruk pikuk dan rasakan serunya main ice skating di kolam beku. Jangan lupa cicipi mulled wine untuk hangatkan diri.

Jepang

Tokyo memang gemerlapan saat musim dingin, namun Hokkaido lebih ramai sebab iklimnya yang lebih hangat membuat musim dingin lebih enjoyable. Nikmati liburan musim dingin sambil menikmati sup miso hangat di negeri Sakura.

Warga Jepang yang tinggal di Tokyo kerap meninggalkan kota untuk mengunjungi kota-kota kecil yang lebih tebal saljunya untuk main ski. Kunjungi bath house atau spa Jepang untuk menghangatkan diri saat musim dingin dan kunjungi kuil Shinto untuk saksikan upacara pembersihan menjelang musim semi.

Korea

Asia juga tak kalah indah saat musim dingin dibanding Amerika atau Eropa. Di Korea Selatan, musim dingin menawarkan ski, ice skating dan snowboarding. Hangatkan diri dengan makanan khas Korea yang murah meriah seperti tteokbokki atau fish cakes. Nikmati musim dingin di Seoul atau kota besar Korea lainnya yang tak kalah cantik. Di bulan Desember, warga Korea biasanya berbondong-bondong ke ski lodge Bearstown untuk menikmati musim dingin dengan main ski.

Nah itu dia penjelasan tentang musim dingin dan negara yang tepat untuk dikunjungi ketika musim dingin. Gimana menurut kamu? Kira-kira kemana duluan nih yang mau kamu kunjungi? Ya, membingungkan sih memang karena semua tempat sepertinya indah semuanya. Siapin aja deh jadwal liburan kamu, baru pikirin mau kemana. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian mengenai tempat wisata ya…