Mengenal Negeri Jiran Malaysia Serta Tempat Wisata Populernya

Mengenal Negeri Jiran Malaysia Serta Tempat Wisata Populernya

Hallo sahabat semua, sebentar lagi musim liburan tiba nih. Kamu udah ngatur jadwal liburan kamu belum nih? Atau kamu masih bingung mau pergi kemana? Ngapain sih bingung-bingung, pergi aja ke Malaysia. Ide yang bagus bukan? Pernah gak sih kamu bertanya-tanya kenapa sih banyak orang yang berlibur ke sana, emangnya di sana ada apaan sih? Apa tempat wisatanya keren-keren? Buat kamu yang pengen tau, yuk simak artikel berikut ini.

Penjelasan Mengenai Malaysia

Malaysia adalah sebuah negara monarki konstitusional federal yang terletak di Asia Tenggara. Malaysia terbagi menjadi 13 negara bagian dan 3 Wilayah Federal yang dipisahkan oleh Laut China Selatan, yaitu 11 negara bagian dan 2 wilayah federal (Kuala Lumpur dan Putrajaya) di Semenanjung Malaysia dan dua negara bagian dan 1 wilayah federal (Labuan) di Malaysia Timur.

Ibukota Malaysia adalah Kuala Lumpur dan negara ini merupakan negara tetangga yang sangat dekat dengan Indonesia. Di mana wilayah Malaysia ini hanya dipisahkan oleh Selat Malaka di wilayah bagian Barat. Sedangkan, di wilayah Timur, yaitu Sabah dan Serawak yang secara langsung berbatasan dengan negara Indonesia.

Malaysia menganut sistem legislative bicameral, adopsi dari sistem demokrasi parlementer. Kepala negaranya bukanlah Presiden, melainkan seorang raja atau disebut Yang Di-Pertuan Agong. Meski begitu, prosesnya sama yaitu berganti setiap lima tahun sekali. Kepala pemerintahannya (setaraf dengan gubernur) disebut dengan Perdana Menteri.

Penduduk Semenanjung Malaysia terdiri atas orang Melayu (50%), Cina (37%), India (11%). Sisanya adalah orang-orang Eropa, Erasia dan penduduk asli. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Malaysia yang hampir sama dengan bahasa Indonesia. Sejak tahun 1972 antara kedua negara telah sepakat untuk menggunakan satu sistem dalam pengucapan. Agama Islam merupakan agama resmi negara, tetapi penduduk bebas mengamalkan agamanya masing-masing.

Kegiatan utama ekonomi Negara Malaysia

  • Pertanian : terdapat di dataran alluval yang subur di Semenanjung Malaysia, Sabah dan Serawak.
  • Perkebunan : Malaysia Barat menghasilkan karet, kelapa sawit dan kopra, terutama di Johor, Selangor dan Perak. Lada hitam terdapat di Malaysia Timur. Pelabuhan ekspor kayu di Sandahan dan Lahad Datu.
  • Pertambangan : Malaysia merupakan penghasil timah terbesar di dunia, daerah penambangannya di Lembah Kinta. Pelabuhan ekspornya di Pelabuhan Kelang. Hasil tambang lain adalah minyak bumi, bijih besi, bauksit dan gas alam.

Lalu Kenapa Malaysia Dijuluki Negeri Jiran? Nah sama seperti halnya negara-negara lain yang memiliki julukan seperti berikut ini:

  • Negara Indonesia Dijuluki Negeri Kepulauan Karena Banyak Pulaunya
  • Negara Jepang Dijuluki Negeri Matahati Terbit Karena Tempat Awalnya Muncul Matahari
  • Negara Belanda Dijuluki Negeri Kincir Angina Karena Banyak Kincir Anginnya
  • Negara Cina Dijuluki Negeri Tirai Bambu Karena Banyak Bambunya
  • Negara Singapura Dijuluki Negara Industri Karena Banyak Industrinya

Dalam bahasa Indonesia, Jiran = 1 tinggal sebelah-menyebelah atau dekat (sekitar) rumah, tetangga, yg terdekat, 2 negara tetangga, misalnya Malaysia atau Brunei Darussalam. Nah kalau disimpulkan arti dari Negeri Jiran adalah negara tetangga.

Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi

Malaysia adalah salah satu negara yang menjadi salah satu tujuan liburan favorit para wisatawan Indonesia bahkan oleh para turis-turis negara lainnya. Meskipun wilayah negara ini tidak terlalu luas, tetapi Malaysia memiliki berbagai macam tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi ketika berada di sana. Dan berikut ini adalah tempat wisata yang populer di Malaysia:

  • Menara Kembar Petronas

Menara kembar Petronas merupakan salah satu ikon Malaysia. Menara Kembar Petronas yang terletak di pusat kota Kuala Lumpur (Kuala Lumpur City Centre) adalah tempat wisata di Kuala Lumpur yang paling populer dan sudah menjadi ikon dari kota Kuala Lumpur dan juga Malaysia. Menara ini adalah menara kembar yang tertinggi di dunia dengan 88 lantai dan ketinggian mencapai 452 meter.

Menara kembar ini tercatat pernah menjadi menara tertinggi di dunia pada tahun 1998-2004, sebelum akhirnya gelar tersebut direbut oleh Burj Khalifa di Dubai. Selain menjadi markas bagi beberapa perusahaan, daya tarik Menara kembar Petronas bagi para wisatawan adalah jembatan udara. Jembatan udara merupakan jembatan yang menghubungkan 2 menara di lantai 41 dan 42.

Jembatan ini terletak di atas ketinggian 170 meter. Kamu bisa berkunjung ke jembatan udara untuk menikmati pemandangan Kota Kuala Lumpur dengan membeli tiket seharga RM 10. Loket tiket mulai dibuka pukul 09.30 tetapi karena kuota tiket dibatasi sekitar 1600-1700 per harinya, sebaiknya kamu mulai mengantre sejak pukul 06.00. Untuk mengunjungi Menara Kembar Petronas, selain menggunakan transportasi umum seperti kereta api atau bus, kamujuga dapat menggunakan kendaraan pribadi.

Tempat ini dikunjungi banyak sekali wisatawan mancanegara mulai dari siang hari hingga malam hari. Tapi, untuk mengunjungi Menara Kembar Petronas ini bagusnya sih pada malam hari karena lampu yang dibuat sedemikian rupa membuat menara ini tampak lebih indah pada malam hari dari pada siang hari. Tak heran sampai tengah malam pun masih banyak wisatawan yang berfoto di tempat ini.

  • Langkawi

Terletak di lepas pantai barat laut Malaysia, Laut Andaman, Langkawi adalah sebuah kepulauan yang memiliki pantai, hutan hujan, hutan bakau dan gunung yang indah. Hal ini membuat Langkawi menjadi salah satu tempat wisata di Malaysia yang paling populer. Dalam beberapa tahun terakhir, resort, hotel, restoran dan fasilitas wisata lainnya telah berkembang pesat di Langkawi.

Keindahan alam pulau ini adalah daya tarik utama di sini. Pantai berpasir seputih salju dan birunya air laut yang jernih berlatar tebing kapur. Salah satu pantai terpopuler adalah Pantai Cenang yang menawarkan beragam restoran dan bar. Untuk pantai yang lebih tenang, kamu bisa mengunjungi Pantai Tengah dan Pantai Kok karena kedua pantai ini merupakan pantai yang seolah terisolasi dari hiruk pikuk kota.

Di sini juga tersedia trekking hutan bakau dan tempat wisata di mana pengunjung dapat menikmati pemandangan Air Terjun Telaga Tujuh, burung-burung eksotis dan biawak atau monyet. Kamu bisa menikmati keindahan Langkawi dari ketinggian di Gunung Raya dan Gunung Mat Cincang. Gondola dan skybridge adalah fasilitas yang tepat untuk menikmati mencapai kedua gunung ini.

Tak hanya pantai, Langkawi juga punya jembatan gantung yang menakjubkan di dunia. Kamu yang berkesempatan ke Malaysia harus coba untuk berada di atas jembatan sepanjang 125 meter dengan tinggi 100 meter dari permukaan tanah ini.

Penopangnya adalah dua bukit di tiap sisi dengan keunggulan pemandangan keren. Gugusan hutan tropis menjadi pemandangan yang menyejukkan mata. Masih ditambah dengan pemandangan lautan luasnya. Kalau kamu jeli, kamu bisa melihat keberadaan Pulau Tarutao yang letaknya ada di area lepas pantai Thailand.

Jembatan ini menghubungkan Gunung Mat Chinchang dengan Pulau Langkawi. Untuk bisa menikmati pemandangan harus dengan bantuan kereta kabel. Setiap orang yang berkunjung harus membayar sekitar 30 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp100.000 per orangnya. Tidak perlu merasa keberatan untuk membayar harga ini karena kamu akan disuguhkan pemandangan salah satu jembatan terbaik dunia.

Kabarnya, jembatan ini diklaim memiliki ketinggian lebih dari Triff Bridge yang ada di Swiss atau Jembatan Gantung Ghasa di Nepal. Bagi pengunjung yang memiliki ketakutan berlebihan atau fobia terhadap ketinggian, wisata ini sangat tidak disarankan karena wisata di Langkawi Sky Bridge sebenarnya lebih menantang mereka yang punya adrenalin tinggi.

  • Taman KLCC (Kuala Lumpur City Center)

Taman KLCC merupakan tempat wisata yang berupa taman yang berada di bawah Menara Kembar Petronas. Di sini, para pengunjung biasanya melakukan jogging, bersepeda atau sekadar duduk menikmati keindahan taman KLCC yang dikelilingi gedung-gedung pencakar langit.

Related image

Di taman KLCC terdapat sebuah danau buatan yang dilengkapi dengan air mancur. Jika beruntung, kamu bisa menikmati pertunjukan air warna-warni setiap malam. Untuk mengunjungi taman KLCC, pengunjung tidak dikenai biaya sepeser pun. Kamu bisa menggunakan berbagai macam alat transportasi untuk berkunjung ke Taman KLCC. Karena letak taman ini termasuk strategis dan berada di pusat Kota Kuala Lumpur.

  • Aquaria KLCC

Bertempat di Kuala Lumpur City Centre, Aquaria KLCC akan membawa kamu ke dalam dunia yang benar-benar berbeda. Di akuarium Aquaria KLCC ini, kamu dapat melihat berbagai jenis ikan dari yang besar hingga kecil, dari yang biasa hingga yang aneh, masing-masing dalam akuarium yang menyerupai habitat asli mereka. Tempat wisata ini buka dari jam 10.30 pagi hingga jam 8 malam setiap hari termasuk hari libur nasional.

  • Kota Kinabalu

Sebagai Ibukota Negara Sabah di Borneo Malaysia, Kota Kinabalu merupakan tujuan wisata yang berkembang pesat karena dekat dengan pulau tropis, hutan hujan, tempat perlindungan satwa liar, taman nasional dan puncak tertinggi Malaysia, Gunung Kinabalu. Biasa disebut KK oleh penduduk setempat, Kota Kinabalu memiliki pusat kota kecil yang memiliki beberapa landmark dan juga observatorium dengan pamandangan yang indah.

Sebagian besar atraksi utama KK berada di luar kota seperti Lok Kawi Wildlife Park, Kota Kinabalu Wetland Centre dan Taman Nasional Kinabalu yang menawarkan satwa liar seperti bekantan, harimau, orangutan dan gajah serta petualangan outdoor seperti berkemah, trekking hutan, mendaki gunung, arung jeram dan meniti sungai dengan kapal pesiar.

  • Kota Melaka

Melaka adalah salah satu destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Kawasan ini lebih banyak menawarkan destinasi sejarah dibandingkan tipe wisata lainnya. Jika kamu tipe orang yang tidak mau rugi, artinya liburan sekaligus menambah pengetahuan, Melaka bisa jadi alternatif wisata yang tepat.

Image result for kota melaka malaysia

Dikenal sebagai tempat campuran beragam budaya, Melaka terdiri dari beberapa kabupaten yang masing-masing memiliki fitur atraksi berbeda-beda. Peninggalan Portugis ditandai dengan villa menawan, gereja bersejarah dan sisa-sisa benteng tua.

Selain itu juga ada Cheng Ho’s Cultural Museum yang menampilkan perjalanan sejarah dari Laksamana Cheng Ho dalam bentuk peninggalan Dinasti Ming. Masih ada destinasi lainnya seperti A Famosa yang merupakan spot foto favorit wisatawan di Melaka.

  • Penang

Pulau Penang adalah tujuan wisata populer karena keragaman sejarah di George Town. Terletak di sepanjang jalur pelayaran dunia, kota ini memiliki beragam warna budaya, arsitektur dan juga kuliner. Ketika memutuskan untuk mengujungi Penang, kamu harus benar-benar menjelajahi kota ini, entah itu dengan menggunakan mobil, sepeda, bus atau taksi.

Beberapa lokasi yang dapat kamu kunjungi ketika di Penang adalah Botanic Gardens, Bird Sanctuary, Taman Kupu-Kupu, Supreme Bliss dan pantai berpasir putih Batu. Dan tak lengkap rasanya bila mengunjungi penang tanpa mencoba naik becak sambil menyusuri George Town, menikmati arsitektur klasik peninggalan Inggris. Siapkan kamera saat melakukan tour di sini. Sesekali singgahlah di restoran, pasar, atau bar untuk mencicipi kuliner khas karena Penang terkenal sebagai lokasi percampuran kuliner dari seluruh dunia.

  • Batu Caves

Berlokasi di Selangor, Batu Caves adalah sebuah tempat yang suci bagi umat Hindu dan sebuah tempat wisata di Kuala Lumpur yang terkenal bagi wisatawan. Di tempat ini kamu akan menaiki 272 anak tangga yang terjal dan cukup melelahkan untuk dapat merasakan kemegahan Batu Caves.

Uniknya, di tiap anak tangganya terdapat angka yang menunjukan kamu sudah berada di anak tangga keberapa, angka-angka ini sangat memotivasi untuk terus naik walau sudah lelah. Di tempat wisata ini juga banyak sekali monyet yang akan berusaha mengambil makanan, jadi berhati-hatilah. Selain itu jangan lupa bahwa tempat ini adalah tempat yang suci, hargailah tempat ini dan jangan merusak apapun.

Setiap tahun, pengelola Batu Caves menyelenggarakan festival agama Hindu Thaipusam. Festival ini selalu dipenuhi dengan umat Hindu dari seluruh dunia. Batu Caves adalah gua batu kapur yang terdiri dari 3 gua utama dan beberapa gua kecil. Saat memasuki tempat ini, kamu akan disambut oleh patung Dewa Murugan setinggi 42,7 meter yang dilapisi emas. Setelah itu, kamu akan menaiki 272 anak tangga yang curam.

  • Kuching

Kuching adalah kota terbesar di Borneo. Kuching terkenal dengan hutan hujan tropis dimana para wisatawan dapat melakukan tracking dan juga rekreasi di alam terbuka. Dianggap sebagai kota terbersih di Malaysia, Kuching menyajikan tata kota yang unik dengan gedung pencakar langit dan arsitektur modern serta dikelilingi oleh hutan yang rimbun.

Kota ini terletak di tepi Sungai Serawak dengan pemandangan taman yang indah dan juga tempat-tempat bersejarah seperti Benteng Margherita dan Istana Astana. Di sepanjang tepi laut, kamu bisa menemukan para penjual makanan, pertunjukan musikal air mancur, menara observasi dan teater terbuka. Kamu bisa menikmati kuil bersejarah Cina, pasar, warung makan dan banyak toko-toko antik dan kerajinan di jalanan tertua Kuching.

  • Jalan Alor

Jalan Alor yang terletak di Bukit Bintang adalah surganya pecinta kuliner. Jalan Alor ramai dikunjungi para pecinta kuliner murah kaki lima terutama pada saat malam hari. Makanan dan minuman yang disajikan di sini sangatlah beragam, mulai dari makanan lokal, makanan China hingga makanan India dan hidangan laut dapat kamu temukan di sini. Pecinta Kuliner, kalian pasti akan menyesal bila tidak datang ke Jalan Alor.

  • Chinatown

Chinatown Kuala Lumpur yang terletak di Jalan Petaling adalah sebuah surga belanja bagi wisatawan yang hobi membeli barang-barang murah. Tempat yang mayoritas pedagangnya adalah keturunan China ini sangat ramai dikunjungi wisatawan dan warga setempat yang ingin berburu barang murah. Apabila kamu ingin suasana yang sedikit lebih sepi, kamu bisa mencoba datang ke Chinatown pada siang hari karena semakin sore akan semakin banyak pedagang dan pembeli yang datang ke tempat ini.

Jenis barang yang dijual di sini sangat beraneka ragam mulai dari tas, baju, dompet, sabuk, CD musik, mainan anak-anak, makanan hingga obat herbal China ada di sini. Jangan malu-malu untuk menawar harga di sini, barang-barang yang ada di sini bisa kamu dapatkan dengan harga kurang dari 50 persen dari harga pembuka. Tempat ini sangat cocok untuk berburu oleh-oleh karena banyak pilihan barang dan harganya relatif murah.

  • National Mosque (Masjid Negara)

Masjid Negara yang berlokasi di Jalan Perdana, Kuala Lumpur ini selesai dibangun pada tahun 1965. Masjid Negara Malaysia ini dapat menampung sekitar 15,000 orang dan berfungsi sebagai sebuah tempat ibadah aktif. Pemeluk agama selain Muslim diperbolehkan mengunjungi tempat ini di luar jam ibadah.

Apabila staf Masjid Negara merasa pakaian kamu kurang sopan atau kurang cocok, mereka akan meminjami kamu sebuah jubah panjang selama kunjungan kamu di Masjid Negara. Apabila kamu datang pada saat ibadah selesai, kamu akan menyaksikan ribuan orang berbondong-bondong keluar dari Masjid Negara. Bisa bayangin kan berapa banyak orang yang akan kamu lihat?

Fakta Menarik Negara Malaysia

Ya setiap negara tentu saja memiliki kelebihan atau keunikan masing-masing. Sama halnya dengan negara Malaysia yang juga punya keunikan sendiri. Kira-kira apa saja keunikannya yang menarik? Silahkan simak di bawah ini:

  • Mayoritas Penduduknya Islam

Sama halnya seperti Indonesia, Bangsa Malaysia, begitu sebutan bagi penduduk Malaysia pun menganut agama Islam sebagian besarnya.

  • Hari Kemerdekaan

Hari kemerdekaan Malaysia jatuh pada tanggal 31 Agustus. Penduduk Malaysia sangat bersuka cita atas hari libur yang jatuh pada Hari Kemerdekaan Malaysia ini. Mereka bersama – sama merayakan kemerdekaan Malaysia dari jajahan Inggris dengan upacara.

  • Negara Dengan Hukum Cambuk

Cambuk rotan adalah hukuman utama dari undang – undang Malaysia. Jumlah cambukan rotan paling banyak adalah 24 kali. Hukuman cambuk seperti ini resmi dilakukan, kecuali bagi wanita dan anak – anak.

  • Kuala Lumpur Merupakan Ibu Kota Kilat Di Dunia

Kuala lumpur adalah ibukota di dunia yang paling banyak menerima panahan kilat atau petir di dunia. Kuala Lumpur menerima panahan kilat jauh lebih banyak dibanding kota raya di dunia ini. Dikabarkan dalam setahun sebanyak lebih 200 hari, petir menyambar kota KL. Berbeda dengan London yang hanya 20 hari dan New York yang hanya mengalami 10 hari disambar petir dalam setahun.

  • Kesultanan Tertua di Dunia

Kesultanan Kedah adalah kesultanan awal di Semenanjung Malaya yang merupakan kesultanan tertua di dunia. Didirikan tahun 1136, kesultanan yang tadinya berkaitan dengan dinasti Hindu pun berubah menjadi kesultanan Islam.

  • Tingkat Kematian Terendah di Dunia

Malaysia adalah salah satu negara dengan tingkat kematian terendah di dunia dalam hal penyakit pernafasan, yaitu 7,5 kematian per 100.000 orang. Wah kok bisa ya?

  • Uang Ringgit

Mata uang Malaysia, yaitu Ringgit yang memiliki arti “bergerigi” dalam bahasa Malaysia. Filosofi kata tersebut adalah mata uang perak dari Spanyol yang pernah beredar di daerah Malaysia, di mana mata uang Spanyol tersebut memiliki gerigi pada pinggir uangnya.

  • Dilarang Pacaran

Di Malaysia sangat dilarang untuk pacaran. Ketika seseorang tertangkap pacaran maka ia hanya memiliki dua pilihan. Yang pertama adalah menikah atau mendekam di dalam penjara. Pihak keluarga sendiri sudah melarang anak-anaknya untuk berpergian dengan lawan jenis. Buat kamu yang akan pergi ke Malaysia bersama dengan pasangan kamu, kamu harus berhati-hati.

  • Semua Orang di Malaysia Memiliki Rumah

Bila mereka tidak sanggup untuk membeli rumah, mereka berhak untuk mengajukan permohonan dana pada kerajaan. Hal ini bertujuan agar kerajaan bisa membantu mereka membuatkan rumah sesuai dengan anggaran yang mereka miliki. Setelah rumah mereka jadi, masyarakat diminta untuk mencicil pada kerajaan sesuai dengan penghasilan setiap bulannya. Pencicilan ini dilakukan jingle 40 tahun lamanya.

  • Tingkat Kriminalitas Terendah

Malaysia menjadi salah satu negara yang memiliki tingkat kriminalitas terendah dan karena inilah banyak masyarakat tidak membuat pagar untuk ke rumahnya dan membiarkan sepeda motor atau mobil terparkir di pinggir jalan begitu saja. Mereka sudah percaya pada masyarakat dan pemerintah nya bahwa tingkat kriminalitas di sini benar-benar rendah.

Gimana? Tertarik gak nih liburan ke negara tetangga Malaysia? Gak perlu jauh-jauh banget kan harus ke Eropa, apalagi kalau waktu liburan kamu hanya sebentar. So, manfaatin waktu kamu ya….