“Taman Laut Nasional Bunaken”, Tempat Wisata Terindah Di Manado

“Taman Laut Nasional Bunaken”, Tempat Wisata Terindah Di Manado

Kalau mendengar Taman Laut Bunaken, mungkin tak seorang pun yang tak tahu tempat wisata yang indah tersebut. Taman Laut yang berada di Manado tersebut adalah surganya para wisatawan lokal mau pun dari mancanegara. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih jauh tentang keindahan Taman Laut Bunaken tersebut. Yuk, ikuti terus artikel berikut.

Taman Laut Bunaken

Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Taman Laut Bunaken ini merupakan destinasi wisata andalan Manado dan merupakan salah satu taman laut terindah di dunia. Berbagai terumbu karang dan biota laut hidup dan berdesakan di taman laut bunaken. Bunaken berjarak sekitar 7 mil dari pelabuhan Manado dan dapat ditempuh sekitar 50 menit menggunakan perahu motor bermesin ganda atau hanya sekitar 35 menit jika kamu menggunakan speed boat.

Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991 dan meliputi wilayah seluas 890.65 km². 97% dari taman nasional ini merupakan habitat laut, sementara 3% sisanya merupakan daratan. Terdapat 5 pulau yang termasuk dalam taman nasional ini yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen dan Pulau Mantehage beserta anak pulau yang ada di sekelilingnya.

Awalnya, Taman Nasional Laut Bunaken ditemukan oleh sekelompok penyelam dari Kota Manado yang mencoba melakukan kegiatan ekspedisi penyelaman di laut yang dilakukan pada tahun 1975. Dan pada saat mereka menyelam, nelayan setempat memperingatkan kepada para penyelam tersebut bahwa tempat yang mereka selami banyak terdapat roh jahat. Akan tetapi, para penyelam terus melakukan kegiatan penyelaman.

Setelah mereka menyusuri tempat di bawah air laut Bunaken, sekelompok penyelam tersebut menemukan tumbuhan laut di dinding karang masih murni dan ikan-ikan langka yang membuat mereka terkagum – kagum melihat pemandangan yang sangat fantastis tersebut.

Sejak saat itulah Bunaken menjadi tempat wisata yang sangat mempesona di Sulawesi Utara. Kemudian pada tahun 1991 tempat ini menjadi salah satu Taman Nasional di Indonesia dan pada tahun 2005 Taman Nasional Bunaken menjadi salah satu situs warisan dunia setelah didaftarkan ke UNESCO.

Taman laut ini memang menyimpan sejuta keindahan dan menjadi salah satu biodiversitas kelautan tertinggi di dunia. Secara geografis Pulau Bunaken termasuk dalam wilayah perairan “Segi Tiga Emas“ yaitu jalur perairan laut yang menghubungkan laut Filipina, laut Papua dan laut Indonesia.

Taman ini terletak di Segitiga Terumbu Karang yang menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Ada sekitar 91 species ikan yang tersimpan di Taman Laut Bunaken, antara lain koi putih (gusimi lokal (Hippocampus), nila gasi (Scolopsis bilineatus), goropa (spilotocepsep hinephelus dan hypselosoma Pseudanthias), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira) dan banyak lagi.

Kegiatan Wisata di Kawasan Pulau Bunaken

Kegiatan yang bisa dilakukan di pulau Bunaken kebanyakan adalah snorkeling atau menyelam. Terdapat 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter, 12 titik selam di antaranya berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat memberikan suguhan underwater great walls atau yang biasanya juga disebut juga dengan hanging walls yang merupakan dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas setinggi 25-50 m. Dinding karang inilah yang menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Buat kamu yang berkeinginan untuk melakukan snorkeling tidak usah bingung dan repot untuk membawa peralatan penyelaman karena disekitar tempat tersebut telah banyak penyedia alat – alat selam yang bisa kamu sewa. Kegiatan diving dan snorkling di Bunaken dapat kamu nikmati dengan kisaran harga mulai dari Rp 150 ribu per orang per hari dan sudah termasuk masker, sepatu katak dan wetsuit.

Harga penyewaan alat biasanya sudah fixed dan berlaku sama di berbagai tempat penyewaan di Bunaken. Untuk mengambil foto-foto di bawah laut, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 350 ribu. Buat kamu yang belum pernah snorkeling tidak perlu khawatir, karena di Pulau Bunaken banyak sekali pemandu yang siap membantu kamu.

Ada lima titik penyelaman yang wajib dikunjungi yang akan membuatmu menelan ternganga dan menelan air laut karena tercengang melihat keindahannya, yaitu: Bunaken Timur, Mandolin, Reruntuhan Kapan dan Puncak Barakuda.

Selain itu, putri duyung yang selama ini hanya ada dalam dunia dongeng masa kecilmu, bisa kamu lihat di sini. Apakah akan cantik seperti di dunia dongengmu? Waw sungguh sesuatu yang menakjubkan bukan? Selain itu di sini kamu bisa bertemu dan menari-nari bersama dengan unicornfish, ikan yang memiliki sungut di kepalanya.

Pemandangan bawah laut Bunaken yang sangat mempesona memang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja, berbagai jenis spesies terumbu karang yang sangat menakjubkan dengan bentuknya yang unik membentuk lekukan-lekukan indah membuat mata kamu akan terpukau.

Yang menariknya lagi, apabila kamu pergi berwisata ke taman laut ini untuk penyelaman maka tidak adanya masa off seasons untuk mengunjungi taman laut bunaken ini. Artinya kamu bebas setiap saat atau kapan saja bisa mengunjungi dan menikmati wisata bahari bawah laut dengan menyelam di bawah air laut Bunaken.

Namun, waktu yang tepat untuk pergi ke Pulau Bunaken adalah pada bulan Mei – Agustus. Karena pada bulan tersebut ombak dan arus air cukup tenang. Kamu akan lebih menikmati diving dengan kondisi air yang jernih. Didukung suhu udara juga hangat yaitu berada di 26-31 derajat celcius.

Buat kalian yang tidak bisa berenang dan menyelam, jangan khawatir tidak bisa menikmati keindahan alam sekitar. Kamu dapat menaiki Katamaran, yaitu sebuah kapal berkaca yang disewakan di lepas pantai Pulau Bunaken. Katamaran ini berdinding kaca, dengan demikian kamu dapat menikmati keindahan bawah laut Bunaken. Selain Katamaran, ada juga kapal selam Blue Banter yang hanya akan beroperasi saat air laut pasang.

Nah jika ingin mengelilingi wisata Pulau Bunaken, kamu bisa menyewa kapal seharga sekitar Rp 400.000 dari Pasar Bersehati atau sekitar Rp 800.000, dari Marina. Sedangkan untuk mendapatkan harga yang lebih murah kamu bisa menggunakan kapal tradisional dengan harga Rp 50.000,- per orang.

Biasanya sih setelah berkeliling, pastinya akan lapar bukan? Ya, berkunjung hanya untuk menikmati wisata alam saja rasanya kurang lengkap. Nikmati wisata kuliner mulai dari makanan laut, bubur Tinutuan Manado dan makanan yang terbuat dari kelapa bisa kamu cicipi.

Membawa uang tunai sangat disarankan apabila kamu berwisata ke kawasan Taman Nasional Bunaken, hal tersebut akan dapat mempermudah kamu apabila akan bertransaksi misalnya untuk menyewa peralatan selam, untuk menyewa foto bawah laut dan lain sebagainya. Untuk pembayaran dengan menggunakan kartu kredit ataupun kartu debit sangat sulit untuk dilakukan karena kebanyakan masih belum menerima model pembayaran seperti itu di sana.

Hal yang perlu diingat adalah Wisata Taman Laut Bunaken merupakan tempat wisata yang perlu dilestarikan. Hal tersebut bisa terlaksana apabila kita bisa menjaga kebersihan lingkungan dan tidak merusak kelestarian alamnya. Disini kamu akan banyak menemukan papan – papan yang berisi himbauan – himbauan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sebagai sarana untuk mengingatkan para wisatawan karena perilaku pengunjung yang tidak sepenuhnya dapat terkontrol oleh petugas disana.

Tidak hanya objek wisata alamnya, Manado juga memiliki kuliner yang nikmat dan bisa dijadikan buah tangan ketika pulang ke rumah seperti berikut ini:

  1. Klapertaart
  2. Kue Lampu-Lampu
  3. Kue Balapis Manado
  4. Dodol Manado
  5. Kacang Goyang
  6. Cakalang Fufu
  7. Halua Kenari
  8. Panada
  9. Sambal Roa
  10. Pala Manis

Ya, begitulah kira-kira kurang lebih penjelasan tempat wisata Taman Laut Bunaken yang indah. Nah jika kamu ingin berkunjung, buruan deh atur jadwal liburan kamu dan jangan lupa ajak teman-teman kamu juga biar makin seru liburannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan tempat wisata kalian ya….