Yuk, Intip Tempat Wisata Menarik Yang Ada Di Singapura

Yuk, Intip Tempat Wisata Menarik Yang Ada Di Singapura

Selain Malaysia, negara tetangga yang paling sering dikunjungi saat liburan adalah Singapura. Ya, negara yang tidak jauh dari Indonesia tersebut memiliki beberapa tempat liburan yang cukup menarik. Maka tak heran banyak para wisatawan yang berdatangan ke sana. Nah buat kamu yang belum pernah ke sana, jangan khawatir. Karena di dalam artikel ini kita akan membahas tempat-tempat wisata menarik yang ada di Singapura. Yuk, langsung aja kita simak sama-sama.

Mengenal Negara Singapura

Singapura berasal dari kata sansekerta, yaitu Singa dan Pura. Pura Berarti kota. Singapura berarti kota singa. Singapura ini merupakan negara yang paling maju di antara negara – negara yang kecil di dunia. Dalam bahasa Inggris, Singapura dikenal dengan istilah Lion City.

Singapura adalah sebuah negara yang terletak di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Tetangganya adalah Malaysia di utara dan timur dan Indonesia di selatan, barat dan timur. Meski ukurannya kecil, Singapura merupakan negara makmur.

Singapura merupakan pusat keuangan terdepan ketiga di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Jantung negara ini adalah ibu kota dan kota pelabuhan Singapura yang terletak di persimpangan jalur perdagangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.

Perdagangan di Singapura menjadi salah satu pusat perdagangan yang terbesar di dunia. Hal tersebut didukung dengan letak Singapura yang strategis, sehingga menjadikan negara ini sebagai tempat transit untuk perdagangan. Maka tidak mengherankan jika negara Singapura dikatakan sebagai sebuah negara yang paling maju perekonomiannya di kawasan Asia Tenggara.

Negara ini mempunyai luas wilayah 697,00 km2 dimana 1,43% adalah perairan dan 687,00 km2 adalah daratan. Dengan luas area yang demikian, menjadikan singapura menjadi negara terkecil ke-19 di dunia atau sekitar 4 kali lebih kecil dari Rhode Island.

Sebagian besar pertumbuhan Singapura berasal dari imigrasi. Dan negara ini menjadi salah satu negara paling padat penduduknya di dunia. Sekitar 75 persen penduduknya adalah etnis China. Sedangkan etnis Melayu merupakan penduduk asli wilayah terbesar kedua.

Singapura memiliki empat bahasa resmi: bahasa Melayu, China (dialek Mandarin), Inggris dan Tamil (bahasa India selatan). Bahasa Melayu juga merupakan bahasa nasional. Bahasa Inggris banyak digunakan dalam pemerintahan dan perdagangan serta menjadi bahasa utama pengajaran di sekolah-sekolah.

Agama orang-orang Singapura mencerminkan asal-usul mereka dan mencakup seluruh agama utama di dunia. Orang China sebagian besar menganut Buddha dan Tao. Orang Melayu dan Pakistan didominasi Muslim. Kebanyakan orang India beragama Hindu. Sekitar 10 persen dari populasi adalah orang Kristen dan kebebasan beribadah dijamin dalam konstitusi.

Keunikan Negara Singapura

Negara Singapura juga sangat terkenal sebagai negara maju dan modern di kawasan Asia Tenggara. Namun dibalik modernnya kehidupan di Singapura, ternyata negara tersebut juga menyimpan beberapa fakta unik dan menarik yang mungkin belum kamu ketahui:

  • Kota Singa Tapi Tidak ada Singa

Tahukah kamu bahwa tidak ada singa di Singapura? Nama “Singapura” itu berasal dari istilah sanskrit simha orsingha, yang berarti “singa”. Tak heran, Lion juga merupakan hewan nasional Singapura.

  • Tinggi Bangunan di Singapura Tidak Lebih dari 280 meter

Fakta unik lain negara Singapura adalah tinggi bangunannya yang rata-rata tidak melebihi dari 280 meter. Dan sampai saat ini, hanya ada tiga bangunan yang sudah mencapai tinggi 280 meter yakni Republic Plaza, United Overseas Bank Plaza One dan Overseas Union Bank Centre.

  • Hari Nasional

Hari Nasional Singapura dirayakan pada tanggal 9 Agustus setiap tahun, untuk merayakan kemerdekaan Singapura dari Malaysia pada tahun 1965.

  • Mayoritas Penduduk Singapura Tinggal di Apartemen atau Rumah Susun

Terbatasnya ruang di Negara Singapura, menjadikan negara ini harus pintar-pintar dalam hal pengelolaan tempat tinggal penduduknya. Dan Apartemen atau Rumah Susun menjadi solusi utama bagi tempat tinggal penduduk Singapura.

  • Matematika

Siswa dan siswi di Singapura terkenal sebagai yang terbaik dalam bidang Matematika, tidak hanya di Asia Tenggara tapi juga di seluruh dunia. Kurikulum Matematika di Singapura bahkan dijadikan rujukan Kurikulum di dunia pendidikan Eropa.

  • Hug Me

“Hug Me/peluk saya” dan kamu akan mendapatkan coca cola. Ini adalah mesin coca-cola “pelukan saya” yang terletak di National University of Singapore. Ini adalah mesin ‘Hug Me’ pertama yang mengeluarkan sebotol Coke saat seseorang memeluk di sekitar mesin.

  • Usia di Atas 30 Tahun Wajib Menikah

Fakta yang satu ini termasuk yang paling keren dan paling bermanfaat khususnya untuk orang-orang Singapura yang kesulitan mendapatkan pendamping hidup. Karena pemerintah Singapura sangat membantu dalam hal yang satu ini. Bahkan saking seriusnya, pemerintah Singapura telah berkerjasama dengan agen biro jodoh Social Development Unit (SDU) untuk membantu warganya menemukan pendamping hidup.

  • Menyiram Toilet 

Di Singapura, tidak menyiram Toilet merupakan sebuah tindakan pelanggaran hukum dengan ancaman denda sebesar $150 atau setara dengan 1.950.000 rupiah.

  • Gay dan Lesbian

Penyimpangan seks atau LBGT untuk jenis Gay dilarang di Singapura namun hubungan sesama jenis untuk perempuan atau lesbian masih dibolehkan. Bahkan sebelum tahun 2007 oral seks juga menjadi tindakan pidana di Singapura.

Tempat Wisata Yang Menarik

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu bukan? Tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi ketika berada di Singapore. Buat kamu yang sedang berencana liburan ke Singapore, jangan lupa datangi tempat-tempat berikut ini:

  • Merlion Park

Siapa yang gak tahu dengan Merlion? Patung berkepala singa dan bertubuh ikan ini adalah ikon paling terkenal dari Singapura. Belum ke Singapura namanya kalau kamu belum mengunjungi tempat ini dan berfoto dengan latar si Merlion. Patung ini memiliki tinggi 8,6 meter dengan berat sekitar 70 ton. Untuk mencapai patung yang ada di Merlion Park, tinggal naik MRT jalur hijau atau jalur merah dan turun di Raffles Place MRT Station, lanjut jalan kaki ke lokasi.

Dari Merlion Park, nyeberang sedikit ke Esplanade, kamu juga bisa mengunjungi gedung pertunjukan kebanggaan Singapura yang bentuknya mirip durian. Selain arsitekturnya menarik buat foto-foto, di gedung ini juga sering diselenggarakan pertunjukan seni yang bisa kamu tonton gratis.

  • Marina Bay Sands

Tak jauh dari Merlion Park, kamu bisa melihat menara kembar tiga menjulang megah. Itulah Marina Bay Sands. Mal, kasino dan hotel menyatu dalam kompleks bangunan yang sangat megah ini. Untuk menuju kemari, susuri jembatan unik The Helix Bridge. Kamu bisa cuci mata menjelajahi kompleks ini.

  • Orchard Road

Rasanya belum lengkap ke negara ini kalau belum wisata ke Orchard Road, pusat belanja utama di Singapura. Jalan-jalan, foto-foto dan window shopping di sepanjang jalan ini tentu gratis. Biasanya yang populer dikunjungi di Orchard adalah Lucky Plaza, area di depan Takashimaya dan mal Ion Orchard. Lalu, jangan heran kalau kamu bertemu banyak orang Indonesia di sini, soalnya tempat ini menjadi tempat favorit belanja orang Indonesia.

  • Universal Studios

Universal Studios terletak di 8 Sentosa Gateway, Singapore. Buat kamu yang sedang berwisata bersama anak-anak, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini dikarenakan di tempat wisata ini ada berbagai macam taman hiburan seperti Dufan yang ada di Jakarta.

Meski tempat wisata buatan namun tempat wisata ini adalah tempat wisata yang menarik dan wajib untuk dikunjungi terutama untuk warga Indonesia. Namun sayangnya, harga tiket untuk masuk ke tempat ini tidak semiring dengan harga tiket masuk ketika ke Dufan.

Harga tiket untuk bisa masuk ke Universal Studios pada hari-hari tertentu misal saat liburan, weekend, tanggal merah dan saat musim liburan sangat mahal. Yaitu bisa mencapai satu juta rupiah. Meski begitu tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung.

  • Gardens by the Bay

Di balik bangunan megah Marina Bay Sands, ada taman yang juga sama megahnya. Gardens by the Bay adalah kompleks taman raksasa seluas 100 hektar yang bisa dijadikan objek wisata jika berlibur ke Singapura. Keunikan yang bisa kamu dapatkan adalah adanya pohon buatan dalam bentuk raksasa.

Pohon ini dibentuk dari baja dan fungsinya sebagai penampung air hujan dan sebagai penampung energi matahari. Taman ini gratis untuk dikunjungi, tapi jika ingin melihat Singapura dari atas Supertree Grove, OCBC Skyway, hanya perlu merogoh kantong sebesar 5 dollar saja per orang.

  • Clarke Quay

Kawasan Clarke Quay berlokasi di 3 River Valley Rd, Singapore. Tempat ini berupa dermaga yang terletak di tepi Singapore River, tempat kamu bisa duduk-duduk santai. Tempat wisata ini dipenuhi oleh bangunan-bangunan tua rumah toko dengan arsitektur China dicat warna-warni. Banyak kafe, restoran, bar dan jazz club. Di sinilah tempat hang out yang selalu penuh di malam hari.

  • Sentosa Island

Sentosa Island adalah sebuah pulau resor dan tempat rekreasi yang terpisah dari daratan utama Singapura. Pulau ini dekat dengan Batam, Indonesia. Bisa dikatakan jika pulau ini adalah pusatnya berbagai macam hiburan. Jika di Jakarta tempat wisata ini mirip dengan Taman Impian Jaya Ancol Jakarta. Saat liburan tiba akan banyak turis asing dan juga wisatawan yang berkunjung ke sini. Hal itu dikarenakan lokasi wisata disini bersih, nyaman dan tenang.

  • Little India

Little India adalah pusatnya komunitas India di Singapura. Dengan suasana khas India dan dipenuhi orang-orang India, Little India akan membuat anda serasa berada di India. Tempat ini juga menjual berbagai jenis kerajinan khas India, berbagai jenis makanan khas India, emas, dupa, minyak pijat, parfum, kain hingga jasa peramalan nasib.

Ya itulah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Singapura. Kira-kira mana tempat pertama yang ingin kamu kunjungi nih? Ya, sangat membingungkan bukan? Karena semua tempat sangat menakjubkan untuk didatangi. Kalau punya banyak waktu sih kenapa tidak mengunjungi semuanya ya gak hehehe…