Bingung Mau Liburan Kemana? Coba Deh Kunjungi Negara Inggris

Bingung Mau Liburan Kemana? Coba Deh Kunjungi Negara Inggris

Hai guys siapa disini yang nge fans banget sama one direction? Nah kalau kamu salah satunya berarti kamu tahu dong negara asal mereka. Yap, Inggris. Namun sayang banget ya mereka sudah bubar dan masing-masing dari mereka menjalani solo karir. Tapi, yang akan kita bahas sekarang bukanlah tentang mereka, tetapi negara asal mereka yaitu Inggris.

Musim liburan sebentar lagi tiba nih, kamu sudah nyiapin jadwal liburan belum nih? Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi kita akan membahas tentang negara Inggris dan bagaimana kalau kamu liburan ke sana, tentunya sangat mengasyikkan bukan? Selain tempat asal para selebriti dunia, Inggris juga menawarkan tempat-tempat yang indah untuk dikunjungi. Penasaran? Yuk, ikuti terus artikel di bawah ini.

Profil Negara Inggris

Inggris merupakan negara kepulauan. Kepulauan Inggris terletak pada dangkalan Eropa sehingga merupakan pulau kontinental. Inggris terletak di antara Benua Eropa dan Benua Amerika. Berdasarkan letak astronomisnya Inggris terletak di antara 49° LU-59,5° LU dan 11° BB 2° BT. Batas wilayah negara Inggris adalah sebagai berikut:

  • di sebelah utara Inggris berbatasan dengan Samudra Atlantik
  • di sebelah timur Inggris berbatasan dengan Laut Utara
  • di sebelah selatan Inggris berbatasan dengan Selat Inggris
  • di sebelah barat Inggris berbatasan dengan Irlandia dan Samudra Atlantik

Inggris sering disebut sebagai United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland (Britania raya dan Irlandia utara). Negara-negara lainnya adalah Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Ibu kota negara Inggris terletak di kota London. Seringkali nama Inggris dipakai untuk menyebut keseluruhan negara ini.

Inggris juga merupakan salah satu negara yang berbentuk kerajaan konstitusional, maka dari itu negara ini disebut juga United Kingdom atau Britania Raya. Mengenai penduduk, Inggris tergolong salah satu negara dengan penduduk terpadat di kawasan Eropa terutama di dataran Britania Raya. Agama yang dianut penduduk mayoritas di Inggris adalah Protestan dan Roma Katolik. Sementara bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari adalah bahasa Inggris.

Pada tahun 2015, Ratu Elizabeth II merupakan ratu kerajaan Inggris dengan masa pemerintahan terlama melebihi Ratu Victoria. Dan yang tak kalah menarik, Ratu Inggris merupakan pemilik sah seperenam luas daratan di permukaan bumi. Wow menakjubkan bukan?

Inggris merupakan negara industri maju di dunia terutama dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan dan sastra. Perekonomian Inggris berkembang pesat. Hasil industri utama negeri ini ialah tekstil, baja, kereta api, alat elektronik, alat pertanian, kimia dan mainan anak-anak.

Peternakan Inggris juga sangat maju dan dikerjakan secara intensif. Beberapa faktor yang mendorong kemajuan peternakan di Inggris adalah adanya areal padang rumput yang luas dan iklim yang cocok untuk usaha peternakan. Binatang ternak yang dipelihara adalah unggas, lembu, biri-biri dan babi.

Inggris memang negara yang sangat luar biasa bukan? Nah kamu sudah tahu belum kalau dalam beberapa tahun terakhir, anak-anak usia 13 tahun di Inggris sudah bisa mendapatkan sertifikat kepemilikan senapan? Ya pada tahun 2008, kebijakan di Inggris memberlakukan surat izin penggunaan senjata pada seorang anak berusia 7 tahun. Di Inggris juga anak di atas usia 5 tahun sudah diperbolehkan untuk menenggak minuman beralkohol di rumah asal bukan di tempat umum. Tapi tentunya semua peraturan ini dikawal ketat oleh orang dewasa. Waw!!!

Tempat Wisata Di Inggris

Siapa yang tak kenal Inggris, Negara yang terkenal dengan kerajaan serta sepak bolanya ini ternyata juga memiliki banyak sekali objek wisata yang ramai mengundang wisatawan asing untuk datang mengunjunginya. Nah berikut ini beberapa tempat wisata menarik yang ada di Inggris yang bisa dikunjungi:

  • Big Ben

Ada yang belum pernah dengar BIG BEN? Big ben adalah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika ke Inggris. Big Ben merupakan jam raksasa sekaligus ikon terkenal Negara Inggris yang terletak di ibukota London. Big Ben yang juga dikenal dengan sebutan Great Bell ini berada di sebelah utara Westminster Palace.

Jam raksasa ini berada di atas Elizabeth Tower yang berarsitektur Gothic Revival dengan tinggi 96 meter. Menara ini dibangun pada tahun 1834, di mana bagian jamnya sendiri memiliki diameter sebesar 7 meter dan bel seberat 16 ton. Nama Big Ben sebenarnya tidak merujuk ke menara jam itu sendiri, tetapi untuk 13 bel ton yang terletak di dalam menara dan mengambil nama dari orang yang pertama kali memerintahkan bel, Sir Benjamin Hall.

Rasanya gak afdol kalau ke Inggris tapi tidak menyempatkan diri mengunjungi Big Ben. Selain karena merupakan sebuah maskot serta simbol kota London dan Inggris, Big Ben banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena nilai sejarah yang juga menarik. Menara Jam Big Ben merupakan salah satu menara jam terbesar yang ada di dunia serta seringkali tampil di banyak film, salah satunya adalah film Mars Attack!

  • Tower of London

Sebenarnya ketenaran Menara London ini sedikit bernuansa horor, tapi justru itulah yang menarik rasa penasaran pengunjung. Tower of London didirikan pada tahun 1066 sebagai bagian dari sejarah penaklukan Norman dari Inggris. Kisah horor yang melekat pada menara tersebut gak pernah lepas dari cerita tentang Anne Boleyn. Mulai dari penjara, istana, tempat penyimpanan harta, observatorium dan menagerie, semua fungsi ini sudah pernah diperankan oleh Tower of London.

Di benteng ini juga kamu dapat menjumpai 6 ekor gagak yang dipelihara oleh Ravenmaster. Bahkan pepatah Inggris mengatakan bahwa ketika gagak meninggalkan menara, maka bangunan ini dan monarki akan runtuh. Apapun itu tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tower of London dianggap sebagai bangunan paling penting di Inggris dan juga telah terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia.

  • London Eye

London Eye merupakan tempat wisata selanjutnya yang dapat dikunjungi apabila kamu datang ke Inggris. London Eye merupakan sebuah kincir angin raksasa terbesar kedua yang pernah dibangun di dunia. Kincir raksasa ini terletak di seberang Houses of Parliament, South Bank.

Untuk dapat menaiki kincing angin ini, kamu harus bersabar menunggu antrian para wisatawan yang penasaran dengan keindahan kota London dari atas. Meskipun antrian untuk bisa menaiki wahana ini cukup panjang setiap harinya, namun kamu dijamin tidak akan menyesal apabila ingin mencoba menaikinya apabila datang ke London, Inggris.

Wahana ini dibuka sejak tahun 2000 dan dikenal juga dengan sebutan Millennium Wheel atau Ferris Wheel. Wahana ini memiliki tinggi struktur 135 meter dan dilengkapi dengan 32 kapsul yang siap untuk mengangkut para wisatawan. Bagi kamu yang takut ketinggian, jangan khawatir, karena kapsul ini sudah dilengkapi dengan pengaman sehingga kamu tidak akan jatuh. Apabila menaiki wahana ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan kota London serta Sungai Thames-nya yang juga sangat terkenal di London, Inggris.

  • British Museum

British Museum merupakan tempat wisata di Inggris yang dapat dikunjungi ketika di sana. Museum ini merupakan museum tertua di dunia yang memiliki koleksi tidak kurang dari 6 juta koleksi, di mana koleksi tersebut mencakup 1,8 juta tahun peradaban. Contohnya ialah Mummified Cat (mumi kucing) yang berasal dari Abydos dan tercacat sejak 30 SM.

Kamu juga bisa menjumpai Parthenon Sculptures yaitu dekorasi luar biasa yang ada pada abad ke-5 SM. Parthenon Sculptures dibuat pada masa pemerintahan Pericles. Sehingga tak heran apabila tempat wisata yang satu ini menyedot banyak sekali wisatawan dari berbagai belahan dunia.

  • Madame Tussauds London

Mau melihat orang-orang terkenal yang ada di dunia? Kunjungi saja Madame Tussauds London, kenapa? Museum ini memamerkan patung lilin yang merupakan penjelmaan dari tokoh-tokoh terkenal dari seluruh dunia dan dibuat sangat mirip dengan aslinya. Patung para tokoh terkenal itu diantaranya meliputi pemimpin dunia, ilmuwan, penulis, seniman, atlet, para aktor aktris legendaris, serta tidak ketinggalan keluarga kerajaan Inggris juga ada disini.

Madame Tussauds London merupakan tempat wisata keenam yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Tempat wisata yang satu ini merupakan museum yang memamerkan patung lilin berupa tokoh-tokoh terkenal dari seluruh dunia dan dibuat sangat mirip hingga hamper sama dengan aslinya. Jadi, apabila kamu ingin mengenal atau mengetahui tokoh-tokoh terkenal dunia, cobalah untuk berkunjung ke Madame Tussauds London ini.

  • Sungai Thames

Sungai Thames merupakan tempat wisata yang dapat dikunjungi apabila kamu datang ke Inggris. Dengan mengunjungi tempat wisata yang satu ini, kamu dapat melakukan sebuah pelayaran untuk melihat pemandangan dan kemegahan kota London dengan menggunakan kapal pesiar.

Yang mana semua kapal memiliki dek atas terbuka dan saloons rendah yang luas dengan panorama jendela. Kocek yang perlu kamu keluarkan untuk bisa menikmati pelayaran ini adalah sebesar 13,5 euro (sekitar 183 ribu rupiah) dan tempat wisata inipun tidak pernah sepi dengan pengunjung.

  • Lake District National Park

Jika ingin berwisata dengan alam, maka Lake District wajib untuk wisatawan kunjungi. Terletak di sebelah barat utara Inggris, tepatnya di daerah Cumbria, Lake District adalah taman nasional terbesar di Inggris. Daya tarik utama tempat ini ialah danau dan perbukitan (gunung dan bukit) diukir oleh erosi glasial dan memberikan pemandangan yang menakjubkan. Danau ini merupakan satu dari 12 taman nasional di Britania Raya.

Tempat ini juga merupakan tujuan utama untuk hiking dan mendaki gunung di Inggris. Taman ini telah dikunjungi lebih dari 14 juta wisatawan dari Inggris maupun dari luar Inggris. Tempat wisata ini menjadi terkenal berkat tulisan William Wordsworth pada abad ke-19. Taman ini memberikan perasaan mistik dan ajaib bagi para fotografer dan penulis yang berkunjung ke sana.

  • Tower Bridge

Tower Bridge merupakan tempat wisata selanjutnya yang dapat dikunjungi apabila kamu datang ke Inggris. Tower Bridge merupakan sebuah struktur dan situs paling mengesankan yang berada di ibukota London, Inggris. Yang mana, Tower Bridge ini sudah berdiri sejak tahun 1894 yang sangat terkenal di dunia.

Tower Bridge (Jembatan Menara) adalah jembatan yang terbentang di atas sungai Thames, Inggris. Jembatan ini memiliki dua desai jembatan, yaitu model gantung dan model topang. Pemberian nama Tower Bridge pada jembatan ini berasal dari letak jembatan yang berdekatan dengan London Tower.

Jembatan ini terdiri dari dua buah bangunan menara yang menghubungkan antar jembatan sebagi koridor untuk pejalan kaki yang terletak di atas jembatan. Dari atas jembatan kamu bisa melihat keindahan kota London dan tempat wisata di Inggis lainnya seperti Katedral St. Paul, Canary Wharf dan London Eye.

Di tempat ini, kamu dapat melihat mekanisme dan panel informasi yang menjelaskan tentang teknologi yang telah dipakai selama bertahun-tahun untuk menjaga Tower Bridge bergerak. Tempat wisata yang satu ini dapat kamu kunjungi setiap hari mulai pukul 10.00-18.30 dengan tiket seharga 7 euro (sekitar 95 ribu rupiah).

  • Stonehenge

Kamu pasti sudah gak asing lagi kan dengan situs prasejarah Stonehenge? Stonehenge adalah tempat wisata di Inggris yang tidak boleh kamu lewatkan dan merupakan salah satu situs prasejarah yang paling penting di dunia. Bebatuan bernama Stonehenge tersebut diyakini para ahli sebagai lokasi upacara keagamaan di zaman prasejarah dan didirikan tahun 2500 SM.

Stonehenge dibangun oleh sebuah kebudayaan masyarakat yang tidak meninggalkan catatan tertulis dalam proses pembuatannya, sehingga menimbulkan banyak sekali perdebatan. Tidak ada alasan pasti mengapa Stonehenge dibangun, namun ketenarannya tempat wisata di Inggris yang satu ini sudah mendunia dan selalu menarik kedatangan para traveler.

  • Windsor Castle

Windsor Castle merupakan tempat tinggal resmi Ratu Elizabeth II dan merupakan salah satu benteng tertua dan terbesar yang ada di Inggris. Pertama kali, bangunan ini dibuat pada tanggal Windsor dari pemerintahan Henry II yang naik ke tahta tahun 1154. Sebagian besar benteng, termasuk sangat megah karena bangunan ini di dalamnya terdapat Apartemen Negara dan St Chapel Georges yang dapat dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berlibur ke Inggris.

Kastil megah ini terletak di Windsor, Beckshire, Inggris. Selain melihat berbagai ruangannya yang mewah dan royal serta menikmati taman kastil, kamu juga dapat membeli aneka oleh-oleh khas yang tersedia di toko souvenir kastil seperti kartu pos, buku, mainan, perhiasan, pakaian, keramik hingga perlengkapan rumah tangga. Kastil ini juga merupakan salah satu rumah favorit ratu Inggris dan tempat menerima kunjungan Negara selain Istana Buckingham.

  • Hadrian’s Wall

Jika di RRC ada tembok raksasa China, Inggris punya Tembok Hadrian. Tembok ini dibangun oleh bangsa Romawi guna melindungi bangsa koloni Britannia dari suku di Skotlandia. Tembok ini membentang 117 kilometer (73 mil) di utara Inggris dari Laut Irlandia ke Laut Utara. Konstruksi dimulai pada 122 AD setelah kunjungan oleh Kaisar Romawi Hadrian dan sebagian besar diselesaikan dalam waktu enam tahun. Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata terfavorit lainnya yang ada di Inggris.

  • Westminster Palace

Westminster Palace adalah tempat wisata di Inggris yang terletak di sebelah Sungai Thames. Istana ini juga dikenal dengan sebagai Houses of Parliament, hal ini karena parlemen Inggris sering mengadakan pertemuan di istana untuk merumuskan suatu kebijakan.

Istana Westminster merupakan tempat wisata di Inggris yang memiliki tiga tower dalam satu komplek, yaitu Victoria Tower, Elizabeth Tower (Big Ben) dan Central Tower. Dari ketiga tower tersebut yang paling mengundang para wisatawan adalah Victoria Tower Gardens.

Fakta menarik tentang Inggris:

  1. Inggris memang dikenal sebagai bangsa yang besar. Tercatat ada 58 negara yang merupakan negara jajahan Inggris dan juga menjadi negara federasi, misalnya seperti Australia, Malaysia, India dan masih banyak lagi. Nah, jika seluruh daerah kekuasaan Inggris digabungkan maka akan lebih luas dari Afrika dan sebanding dengan luas permukaan bulan.
  2. Warga Inggris lebih suka minum teh daripada kopi. Tradisi minum ini mereka lakukan pada jam 15.00 sampai 17.00. Mereka mengkonsumsi teh bahkan 2.5 lebih banyak dari Jepang dan 22 kali lebih banyak dari Amerika dan Perancis.
  3. Kecelakaan paling banyak adalah karena tersandung. Pada tahun 1999, dilaporkan ada lebih dari 3000 kasus warga Inggris yang dirawat di rumah sakit karena tersandung keranjang pakaian. Menurut data yang dipublikasikan BBC News, setiap tahunnya ada sekitar 6000 warga Inggris yang mengalami kecelakaan di dalam rumah yaitu karena tersandung celana panjangnya sendiri ataupun jatuh dari tangga karena berusaha melepaskan celananya tersebut. Dari kecelakaan tersebut tercatat ada yang luka-luka maupun meninggal dunia.
  4. Waktu makan malam di Inggris berjarak 8 jam dari makan siang. Mereka biasa menahan rasa lapar dengan minum teh dan memakan camilan di sore hari.
  5. Regulasi paspor di Inggris sangat unik. Paspor yang diterbitkan di Inggris, Swedia dan Finlandia merupakan paspor bebas visa travel ke daftar negara terbanyak di dunia daripada paspor dari negara manapun. Selain itu, seluruh paspor di Inggris diterbitkan oleh Ratu Elizabeth II yang ternyata tidak punya paspor pribadi. Dan lucunya, di Inggris ada peraturan bahwa semua kuda, keledai dan kuda poni harus memiliki horse passport.
  6. Pangeran Charles dan Pangeran Wiliam tidak pernah berada dalam pesawat yang sama. Hal in dilakukan jika salah satu pesawat mengalami kecelakaan maka masih ada penerus yang mewarisi tahta kerajaan.
  7. Banyak ilmuwan sains dan matematika yang berasal dari Inggris seperti Sir Isaac Newton, Charles Darwin, Stephen Hawking, Charles Babbage dan masih banyak lainnya.
  8. Di Inggris lalu lintasnya terkenal tertib.
  9. Jumlah ayam di Inggris melebihi jumlah penduduknya.

Nah itu dia penjelasan mengenai negara Inggris di atas tersebut, gimana? Yakin nih gak tertarik liburan ke sana? Hmmm, seperti sampai disini dulu ya pembahasan kita dan semoga bertemu lagi di artikel lainnya. See you….