Selain Memiliki Kemacetan Yang Parah, Jakarta Juga Punya Pulau Seribu Yang Indah

Selain Memiliki Kemacetan Yang Parah, Jakarta Juga Punya Pulau Seribu Yang Indah

Siapa bilang Jakarta tidak ada tempat wisata yang indah dan mengasyikkan? Nah kamu pernah dengar Pulau Seribu gak? Tempat wisata yang indah itu terletak di Jakarta lho. Kepulauan Seribu adalah kawasan gugus pulau yang letaknya ada di Teluk Jakarta.

Wilayahnya sendiri berupa kabupaten administratif dari bagian Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kepulauan Seribu memiliki ratusan pulau yang tersebar dan bisa kamu kunjungi. Penasaran dengan indahnya tempat wisata di Pulau Seribu? Yuk, ikuti terus artikel ini.

Keindahan Pulau Seribu

Semua orang mengenal Jakarta pasti hanya sebagai Ibu Kota Indonesia, kota metropolitan, banyak gedung-gedung tinggi dan kemacetan di mana-mana. Tetapi, Jakarta masih punya tempat yang masih sangat terjaga keindahan alamnya dan suasana yang masih asri yakni Pulau Seribu.

Kepulauan Seribu merupakan salah satu tujuan wisata di Jakarta yang menyimpan kekayaan bawah laut yang luar biasa. Kepulauan ini terdiri dari banyak sekali gugusan pulau kecil yang berjumlah sekitar 128 buah pulau di mana di pulau tersebut ada banyak sekali pantai yang indah dan memiliki pesona yang luar biasa. Kepulauan Seribu terletak di teluk Jakarta bagian sebelah utara wilayah kotamadya Jakarta Utara.

Kepulauan Seribu memiliki total luas wilayah daratan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah 897.71 Ha dan luas perairan Kepulauan Seribu mencapai 6.997,50 Km2. Pulau Seribu lebih umum dihuni tumbuhan pantai seperti nyamplung (Calophyllum inophyllum), waru (Hibicus tiliaceus), pandan (Pandanus sp.), cemara laut (Casuarina equisetifolia), cangkudu (Morinda citrifolia), butun (Barringtonia asiatica), bogem (Bruguiera sp.), sukun (Artocarpus altilis), ketapang (Terminalia cattapa) dan kecundang (Cerbena adollam).

Sejak Pulau Seribu dijadikan tempat wisata Pemerintah dan warga setempat memanfaatkan keindahan daratan dan alam bawah lautnya dengan cara melestarikannya. Diantaranya yaitu pelestarian terumbu karang, penangkaran penyu, hutan mangrove, pohon kelapa, dan hutan bakau. Semua itu dilakukan untuk menarik minat para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Seribu dan juga agar ekosistem yang ada di kepulauan seribu tetap tumbuh dan berkembang.

Pulau yang dikelilingi oleh terumbu karang dan luasnya pantai ini menjadikan Pulau Seribu kaya akan hewan-hewan yang hidup disana dari mulai hewan darat maupun hewan laut. Hewan darat yang hidup di Pulau Seribu antara lain elang bondol, biawak, burung pecuk ular, ular sanca dan masih banyak lagi. Hewan laut yang hidup di Pulau Seribu antara lain Penyu hijau, Penyu sisik, raja udang biru kecil, ikan badut dan masih banyak lagi biota laut yang hidup di Kepulauan Seribu.

Letak pulau Seribu tidak jauh kok, terletak di pantai utara Jakarta. Jaraknya kurang lebih 15 – 50 km, bisa dikunjungi pakai kapal motor yang tersedia di pelabuhan Marina, kawasan wisata Ancol Jakarta Utara. Ada juga pilihan berangkat dari pelabuhan kapal di kawasan Muara Angke.

Pulau Seribu berbeda dengan pesisir pantai utara di wilayah sekitar Jakarta yang terkenal kumuh, kotor dan kurang terawat. Pulau Seribu ini justru sebaliknya, sangat teratur, bersih, air lautnya jernih dan pemandangannya sangat cantik. Bahkan Kepulauan Seribu mendapat julukan Maldiven van Java yang merujuk pada keelokan pulau-pulau tropis yang berjejer layaknya di Maladewa. Kepulauan Seribu memiliki ratusan pulau yang sebagian besar tak berpenghuni.

Banyak travel yang menyediakan paket tempat wisata pulau seribu baik kunjungan sehari atau juga ada paket tempat wisata menginap di cottage atau penginapan baik untuk wisatawan sendiri maupun dalam jumlah banyak atau rombongan. Harga paket travel wisata yang ditawarkan sangat murah dikantong, dari ratusan ribu Rupiah sampai jutaan. Bergantung dengan lama waktu tinggal dan kelas tempat menginap.

Tempat Wisata Di Sekitar Pulau Seribu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi bahwa Kepulauan Seribu memiliki ratusan pulau. Meski banyak yang tidak berpenghuni, namun hal itu tidak menghalangi wisatawan untuk menyambangi dan menikmati keelokan sajian pulau-pulau yang ada. Berikut adalah beberapa wisata pulau seribu yang wajib disinggahi traveler kala berkunjung ke Kepulauan Seribu:

Bidadari

Jaraknya sekitar 15 km saja, perjalanan menggunakan speedboat memakan waktu 30 menit saja. Terdapat resort wisata yang baru dan besar di pulau Bidadari ini. Dikelola dengan baik, menyediakan paket tempat wisata yang sangat menarik. Pulau ini adalah salah satu primadona paket tempat wisata pulau seribu.

Tidung

Pulau Tidung boleh dikata merupakan pulau paling favorit, paling populer, dan paling banyak disinggahi wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu. Tidak lengkap rasanya bila datang ke Pulau Seribu namun belum singgah di pulau ini. Pulau Tidung memiliki objek terkenal yaitu sebuah jembatan yang disebut dengan Jembatan Cinta.

Di Pulau Tidung, pengunjung bisa memilih untuk sekedar bersantai menikmati suasana pulau dengan berkeliling dan beristirahat di pendodo atau penginapan yang banyak berdiri disana atau menjajal serunya wisata air seperti snorkeling, menyelam dan berperahu kano menyusuri pantai. Untuk menuju Pulau Tidung, wisatawan bisa menaiki perahu atau kapal motor yang berangkat dari Dermaga Muara Angke. Jarak tempuh yang dibutuhkan sekitar 3 jam.

Pulau Bira

Walaupun jaraknya lumayan jauh dari daratan utama Jakarta, tapi Pulau Bira wajib banget buat kamu datangi. Pulau yang masih sangat jarang pengunjungnya ini punya keindahan pantai yang bakal memanjakan mata kamu dan membuat kamu malas pulang. Untuk ke Pulau Bira, kamu bisa berangkat dari Muara Angke dengan menaiki kapal sekitar 3 – 4 jam dengan transit terlebih dahulu di Pulau Pramuka.

Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa adalah salah satu pulau yang jaraknya paling dekat dengan Taman Impian Jaya Ancol. Di Pulau Untung Jawa ini, kamu bisa mendapatkan banyak pilihan penginapan yang diberdayakan sendiri oleh masyarakat setempat. Banyak pilihan wisata yang bisa kamu nikmati di sini. Sebut saja bersepeda, menaiki banana boat, jetsky, melakukan, diving hingga senorkeling-pun tersedia di Pulau Untung Jawa. Setelah kamu kelelahan seharian menikmati keindahan Pulau Untung Jawa, kamu bisa istirahat di penginapan yang nyaman dan bersih dan asyik.

Pulau Semak Daun

Nah kalau pulau yang satu ini cocok buat kamu yang ingin merasakan menginap di pulau tak berpenghuni. Jangankan listrik, penginapan saja tidak ada di sini. Makanya kalau mau mau bermalam, harus mendirikan tenda. Ditambah pantainya yang berpasir putih, air biru sebening kristal dan kehidupan bawah airnya yang masih alami, membuat Pulau Semak Daun salah satu pulau tercantik di Kepulauan Seribu.

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka memiliki kepopulerannya nyaris menyamai Pulau Tidung dalam hal banyaknya kunjungan wisatawan yang datang kemari. Pulau Pramuka memiliki kelebihan dimana tak hanya menawarkan wisata laut saja, namun juga terdapat wisata edukasi melalui penangkaran penyu sisik yang langka. Konservasi penyu di Pulau Pramuka inilah yang banyak membuat wisatawan datang ke pulau ini. Seperti halnya pulau lainnya, di Pulau Pramuka pengunjung bisa dengan asyiknya menikmati wisata laut dengan berenang dan snorkeling.

Pulau Pari

Image result for pulau pari di pulau seribu

Pesona tempat wisata pulau seribu selanjutnya adalah Pulau Pari. Pulau yang ditinggali penduduk ini jumlahnya masih sedikit saja dan mempunyai ciri khas pantai dengan pasir putih yang landai dan dangkal. Banyak orang bilang pantainya masih perawan. Waktu tempuh paling cepat ke pulau Pari menggunakan speedboat adalah 45 – 60 menit, dengan jadwal keberangkatan di pagi hari pukul 07.00 – 08.00 dari pelabuhan kapal Marina, Ancol.

Snorkeling atau menyelam di bawah permukaan air laut merupakan kegiatan yang sangat umum dilakukan oleh para wisatawan di pulau seribu ini. Harga paket tempat wisata biasanya sudah termasuk di dalamnya. Di pulau Pari ini juga ada gedung Pusat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, sebagai pusat penelitian dan riset yang dilakukan oleh lembaga negara LIPI pada bidang kelautan.

Pulau Ayer

Dijuluki sebagai Mutiara Kepulauan Seribu, Pulau Ayer memang memiliki keindahan alam bak mutiara yang berkilau dengan cantiknya. Lokasi pulau ini mudah dijangkau karena hanya berjarak sekitar 14 km dari dermaga di Pantai Marina, Ancol. Pulau Ayer menawarkan sensasi liburan bak di berada di Maladewa lengkap dengan cottage-cottage yan dibangun di atas laut.

Cottege-cottege ini dibangun di atas laut yang jernih dan biru. Konsepnya seperti rumah-rumah tradisional bergaya etnik Papua. Tentu saja keunikan pulau ini semakin bertambah dan membuat wisatawan rela antri beberapa lama demi bisa membooking cottege ini sekadar merasakan sensasi liburan bak di Maladewa yang eksotis.

Pulau Macan

Image result for pulau ,macan di pulau seribu

Saat melihat betapa eksotisnya pemandangan Pulau Macan, kamu tidak bakal percaya pulau ini masih berada di wilayah Jakarta. Kamu bakal jumpai wajah eksotis sebuah pulau yang dihiasi dengan pantai berair jernih, pasir putih yang lembut serta hutan bakau yang asri. Selain itu, resort mewah juga sudah hadir di sana untuk melengkapi momen liburan kamu.

Pulau Kelor

Image result for pulau kelor di pulau seribu

Selain untuk berwisata alam atau air, Pulau Kelor pun jadi destinasi unggulan untuk berwisata sejarah dan wisata selfie di Pulau Seribu. Daya tarik utama di sana adalah kehadiran Benteng Mortello yang masih berdiri kokoh meski sudah dibangun oleh VOC sejak abad ke-17. Saat berada di sana, kamu akan merasa kembali ke masa lalu.

Pulau Pantara

Related image

Panorama alam di salah satu tempat wisata di Pulau Seribu yang eksotis ini ternyata tidak kalah dengan Bali atau Lombok. Bahkan Pulau Pantara sudah dilengkapi dengan resort dan restoran mewah lho. Lokasi satu ini cocok banget dijadikan sebagai destinasi untuk menjernihkan pikiran dan rileksasi diri.

Mitos Seputar Pulau Seribu

Setiap wilayah memiliki cerita tertentu dan mitos yang masih dipercaya, maka tidak ada yang berbeda dengan Pulau Pari dimana pulau tersebut pun memiliki banyak mitos yang masih dipercaya dan bernilai di mata masyarakat setempat.

  • Jembatan Cinta Pulau Tidung

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa di Pulau Tidung terdapat jembatan penghubung. Ya, Pulau Tidung sendiri sebenarnya terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Kedua pulau tersebut dihubungkan dengan sebuah jembatan yang kemudian oleh penduduk setempat diberi nama Jembatan Cinta.

Jembatan Cinta bukan hanya digunakan sebagai penghubung antara kedua pulau tetapi juga digunakan sebagai salah satu objek wisata. Di jembatan tersebut para wisatawan bisa melihat pemandangan lautan yang luas dan biru serta pemandangan alam sekitar pulau yang mempesona dan indah.

Selain itu, jembatan ini ternyata juga memiliki beberapa mitos yang terkenal dikalangan penduduk setempat maupun dikalangan wisatawan. Mitos yang pertama adalah tentang lompat dari jembatan Cinta bisa membersihkan segala macam pikiran buruk dan pikiran kotor di otak. Wisatawan banyak yang percaya dengan mitos tersebut dan kemudian mencoba untuk melompat ke lautan dari Jembatan Cinta.

Kemudian mitos yang kedua adalah tentang menyebrangi Jembatan Cinta bersama pasangan bisa melanggengkan hubungan atau memutuskan hubungan. Mitos tersebut merupakan mitos yang banyak dipercaya oleh wisatawan, oleh karena itu banyak juga wisatawan yang akhirnya memberanikan diri untuk mencoba menyebrangi jembatan tersebut bersama pasangannya.

  • Asal-usul Nama Pantai Pasir Putih Pulau Pari

Pulau Pari termasuk juga salah satu pulau di gugusan Kepulauan Seribu yang terkenal sangat eksotis hingga diberi julukan “Balinya Jakarta”. Nama dari pantai tersebut dulu dikatakan berasal dari sebuah cerita. Cerita tersebut yaitu tentang seorang gadis kecil yang hilang di Pulau Pari meskipun sudah dicari ke setiap penjuru pulau.

Hilangnya gadis kecil ada yang bilang karena dibawa oleh burung gagak hitam besar yang menyeramkan. Namun penduduk pulau percaya bahwa yang dimaksud burung gagak tersebut adalah makhluk halus yang sering disebut “Wewe Gombel/Kalong Wewe”. Gadis tersebut hilang di pantai yang kemudian dikenal dengan nama Pantai Pasir Putih.

  • Pohon Tua di Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan sebuah pulau yang masuk di gugusan Kepulauan Seribu. Di pulau tersebut terdapat beberapa jenis tanaman langka yang usianya sudah tua. Dari banyaknya tanaman di sana, ada dua pohon yang konon memiliki mitos yang menarik.

Pertama yaitu tentang pohon rezeki yaitu salah satu pohon yang katanya bisa membuat siapapun yang berfoto dan sambil menyentuh pohon tersebut bisa mendapatkan rezeki yang tidak di duga-duga datangnya. Bisa berupa uang, jodoh, kesehatan, panjang umur dan lain sebagainya.

Yang kedua yaitu mitos tentang pohon jodoh. Dikatakan bahwa jika ada sepasang kekasih yang berfoto sambil menyentuh pohon tersebut, maka hubungan mereka akan kekal sampai akhir hayat atau jika yang berfoto masih belum mendapatkan jodoh, maka bisa segera mendapatkan jodoh.

Fakta Tentang Pulau Seribu

Nah kalau tadi kita sudah membahas tentang beberapa mitos di Pulau Seribu, maka sekarang kita akan membahas fakta yang terdapat di Pulau tersebut. Apa saja ya kira-kira?

  • Ada Monas di Pulau Seribu

Monumen Nasional atau yang biasa kita kenal sebagai Monas merupakan icon dari Ibu Kota Jakarta, siapa yang tak menyangka bahwa Monas juga ada di Kepulauan Seribu. Monasnya Pulau Seribu ini didirikan melainkan bukan di daratan tetapi dibawah laut, juga dalam rangka Coral Day. Jika ingin melihatnya, kamu bisa berkunjung ke Pulau Pramuka.

Monas mini di Pulau Seribu dibangun sebagai wujud kepedulian warga kepada terumbu karang yang ada di Kepulauan Seribu. Berada di kedalaman kurang lebih 5 meter dan memiliki tinggi 2,5 meter itu dikelilingi oleh 12 rak yang berisi 16 bibit terumbu karang. Monas beserta terumbu karang yang mengelilinginya itu disebut Jakarta Coral Garden.

  • Pulau Seribu Wisata Terpopuler di Jakarta

Semua orang mengenal Jakarta pasti hanya sebagai Ibu Kota Indonesia, kota metropolitan, banyak gedung-gedung tinggi dan kemacetan di mana-mana. Tetapi Jakarta masih punya tempat yang masih sangat terjaga keindahan alamnya suasana yang masih asri yakni Pulau Seribu yang letaknya di Utara Jakarta dan beradapan dengan teluk Jakarta.

Karena sudah banyak juga orang yang mengetaui informasi Pulau Seribu dari majalah, media sosial ataupun forum diskusi. Menjadikan Pulau Seribu menjadi wisata yang sangat populer dengan keindahan alamnya dan keindahan baharinya. Terhitung kurang lebih ada 10 ribu pengunjung setiap bulannya yang berwisata di Pulau Seribu.

  • Namanya Saja Yang “Kepulauan Seribu” Tapi Jumlah Pulaunya Tidak Sampai Seribu

Faktanya, jumlah pulau di Kepulauan Seribu tidak sampai 1.000. Jumlahnya jauh lebih kecil daripada itu, cuma sekitar ratusan pulau saja. “Seribu” cuma ungkapan hiperbolik saja sebagai bentuk kekaguman karena pulau di gugusan ini memang banyak banget.

  • Punya Mercusuar Yang Menjulang Tinggi

Meskipun tinggi maksimum di Kepulauan Seribu cuma 7 meter, di gugusan ini ada beberapa mercusuar yang menjulang tinggi. Ada yang peninggalan Zaman Kolonial, ada pula yang dibangun setelah Indonesia merdeka. Mercusuar setinggi 65 meter di Pulau Edam dibangun tahun 1879. Di Pulau Sabira yang disebut Noord Wachter oleh Belanda mercusuarnya lebih tua lagi, berdiri sejak 1869. Sementara itu, menara suar di Pulau Saktu jauh lebih muda sebab baru dibangun pada tahun 1981.

  • Ada Atraksi Wisata Religi

Meskipun lebih dikenal sebagai destinasi tempat wisata merasakan petualangan-petualangan menyelami dunia bawah laut, ternyata disini juga punya wisata religi. Wisata religi di sini bukan masjid tapi makam. Di Pulau Panggang ada makam Al-Habib Ali bin Ahmad bin Zein Aidid, ulama asal Hadramaut yang menyebarkan Islam di wilayah itu pada abad ke-18.

Di tanah yang sama bersemayam pula Pendekar Darah Putih yang dulu memimpin masyarakat Pulau Panggang berjuang melawan perompak. Makam Syarif Maulana Syarifuddin di Pulau Kelapa, sementara di Pulau Panjang ada pusara Sultan Mahmud Zakaria.

Nah begitulah kira-kira penjelasan tentang tempat wisata Pulau Seribu, gimana? Gak kepikiran lagi kan kalau Jakarta hanya Ibukota Indonesia yang memiliki gedung-gedung tinggi? Karena ternyata Jakarta masih menyimpan tempat wisata yang luar biasa indahnya. Nah sampai di sini dulu ya, semoga bermanfaat…