Tempat Wisata Menarik Di Jepang Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Menarik Di Jepang Yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang suka dengan doraemon hayoooooo? Buat para penggemar serial kartun tersebut pasti udah tau dong negara asalnya film tersebut. Yap, Jepang. Tak hanya terkenal dengan film-film kartunnya yang banyak disukai anak-anak saja lho, tetapi Jepang juga terkenal dengan tempat wisatanya yang juga menakjubkan. Penasaran gimana indahnya Jepang? Yuk, langsung aja kita lihat di bawah ini.

Negara Jepang

Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di wilayah paling timur benua Asia. Negara ini dikelilingi lautan di keempat penjurunya dan dikenal karena keindahan alamnya. Jepang merupakan negara di Asia yang paling maju bidang industrinya. Orang Jepang sendiri menyebut negaranya dengan sebutan Nippon (Negeri Matahari Terbit atau Negeri Sakura).

Pemerintahan Jepang merupakan negara monarki parlementer. Kepala negara Jepang bergelar kaisar. Kepala negara Jepang tidak memegang pemerintahan. Pemerintahan di negara Jepang dipegang oleh perdana menteri.

Perekonomian Jepang ditunjang oleh penduduk yang memiliki semangat (etos) kerja tinggi, berpendidikan dan penguasaan teknologi. Orang-orang Jepang sangat menguasai penggunaan teknologi dan penguasaan teknologi inilah yang menjadi kelebihan bangsa Jepang karena menjadi dasar pengembangan berbagai produk ekspor.

Industri manufaktur adalah salah satu kekuatan Jepang, tetapi negara ini miskin sumber daya alam. Pola umum yang dijalankannya dengan cara perusahaan-perusahaan Jepang mengimpor bahan-bahan mentah kemudian mengolah dan membuatnya sebagai barang jadi yang dijual di dalam negeri dan diekspor.

Menurut data tahun 2014, penduduk Jepang berjumlah sekitar 125 juta jiwa. Jepang adalah negara berpenduduk paling banyak ke-10 di dunia. Banyak kota yang terletak di sisi Samudra Pasifik yang memiliki iklim hangat seperti Tokyo, Osaka dan Nagoya. Separuh dari seluruh penduduk Jepang berkumpul di wilayah tiga kota besar ini dan sekitarnya.

Ada yang menarik nih ketika kamu ke Jepang, jangan heran kalau melihat para lansia masih segar bugar dan dapat melakukan aktivitas layaknya anak muda. Kenapa? Pola hidup yang sehat membuat orang Jepang memiliki umur panjang. Rata-rata angka harapan hidupnya adalah 80 tahun. Wow!!!

Tak hanya itu saja, umur 60 adalah masa pensiun bagi orang di negara Jepang. Ketika memasuki masa tersebut, semua orang mendapatkan dana pensiun yang jumlahnya berkisar antar 30-50 juta rupiah perbulan. Besar banget ya jumlahnya?

Para lansia negara Jepang ini seakan kembali ke masa mudanya termasuk dalam urusan fashion. Banyak lansia terutama nenek-nenek yang mewarnai rambutnya dengan cat rambut berbagai warna seperti pink, biru, merah, hijau dan lain-lain.

Negara yang terkenal dengan bunga sakuranya ini memiliki kecepatan internet yang sangat luar biasa lho. Untuk mendownload sebuah lagu hanya membutuhkan waktu 4-10 detik. Ini membuktikan kecepatan internet di Jepang memang sangat bagus, biaya internet di sana pun sangat murah. Bisa diperkirakan kalau setiap bulan kamu hanya membayar tidak lebih dari 5000 yen yang dibagi menjadi 5 orang dengan kuota unlimited. Apakah kamu berminat untuk tinggal di Jepang? Hehehe…

Tempat Wisata Negara Jepang

Siapa tak mengenal Jepang? Negeri Sakura ini telah berhasil menjadi salah satu negara maju di Asia bahkan dunia. Produk yang dihasilkan negara ini sudah tak asing lagi digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sebut saja motor, mobil dan berbagai perangkat elektronik.

Tak hanya itu saja, Jepang juga terkenal akan keindahan alamnya. Jepang juga terus meningkatkan pamornya di bidang pariwisata. Tempat wisata di Jepang banyak menjadi tujuan wisatawan yang ingin berlibur dikarenakan di sana banyak tempat wisata yang menarik serta budayanya yang kental. Berikut ini merupakan tempat wisata populer di Jepang:

  • Gunung Fuji

Gunung yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kamu. Gunung Fuji setinggi 3.776 meter ini merupakan gunung tertinggi dan terpopuler di Jepang. Gunung ini terletak diantara Yamanashi dan Shizuoka dan jika hari sedang cerah, kamu bisa melihatnya dari Tokyo dan Yokohama. Cara lainnya untuk menikmati keindahan Gunung Fuji adalah dengan naik kereta antara Tokyo dan Osaka.

Image result for gunung fuji

Jika kamu ingin menikmati keindahan Gunung Fuji dari dekat, kamu bisa mendakinya. Terdapat lima danau indah di atas ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Kelima danau tersebut diantaranya adalah Yamanakako, Motosuko, Saiko, Shojiko dan Kawaguchiko. Selain itu, terdapat sebuah rest area, Fujigoko yang menyediakan resort, camping ground, kolam pemancingan, museum dan juga pemandian air hangat.

  • Tokyo Disneyland

Tak berbeda dengan konsep Disneyland di beberapa negara lain, Tokyo Disneyland juga menyajikan sebuah taman rekreasi berkonsep Disney. Di tempat ini juga kamu bisa menyaksikan berbagai wahana permainan dengan tema film-film yang diproduksi Walt Disney.

Image result for Tokyo Disneyland

Tempat wisata ini merupakan Disneyland pertama yang dibangun di luar Amerika Serikat dan resmi dibuka pada tahun 1983. Tokyo Disneyland dibagi menjadi tujuh area utama yaitu World Bazaar, Tomorrowland, Toontown, Adventureland, Westernland, Critter Country dan Fantasyland.

Buat kamu yang membawa anak-anak, Toontown adalah zona yang tepat. Karena di sini, anak-anak bisa masuk ke kota para kartun Disney. Mereka bisa berkunjung ke rumah Mickey Mouse atau bermain di perahu Donald Duck. Sedangkan kalau kamu ingin berbelanja, kamu bisa masuk ke World Bazaar. Zona yang terletak di pintu masuk ini cocok untuk kamu penggemar belanja dan wisata kuliner.

  • Tokyo Tower

Tempat wisata selanjutnya yang harus dikunjungi saat ada di Jepang adalah Tokyo Tower. Tokyo Tower merupakan simbol dari kota Tokyo sehingga kamu harus mengunjungi tempat ini. Jika di Jakarta, Tokyo Tower ini diibaratkan seperti Monumen Nasional di Jakarta yang menjadi ikon dari kota Jakarta. Untuk towernya sendiri, menara ini mirip dengan menara Eiffel yang ada di Paris Perancis. Tinggi dari Tokyo Tower sekitar 333 meter.

Selain jadi tujuan wisata legendaris di Jepang, fungsi utama Tokyo Tower ini adalah sebagai menara antena pemancar TV analog, TV lokal digital dan radio. Menara ini menjadi solusi untuk penyiar tv yang ada di Jepang dikarenakan tingginya yang lebih dari 300 meter, oleh sebab itu disana terdapat penyiaran radio maupun televisi.

Keunikan menara ini adalah adanya alat yang digunakan untuk mengukur arah dari angin dan menjadi tempat perlindungan ketika bencana besar terjadi. Pada lantai dasar Tokyo Tower ada berbagai macam toko dan restoran, semua toko dan restoran itu ada di Tokyo Tower Foot Town.

Tidak hanya itu saja, di lantai dasar itu juga ada berbagai macam tempat wisata Jepang, misalnya saja Suizokkan atau aquarium, musemum, Play Place, game center dan masih banyak lagi lainnya. Dominasi warna dari Tokyo Tower adalah orange dan juga putih.

Maka dari itu, belum sah liburan ke Jepang kalau gak mampir ke Tokyo Tower. Kamu bisa melihat pemandangan kota yang spektakuler dari bangunan ikonik yang memiliki tinggi 333 meter tersebut.

  • Hiroshima Peace Memorial

Hiroshima Peace Memorial Park merupakan sebuah kawasan yang dikhususkan untuk mengenang tragedi bom atom yang mengguncang kota Hiroshima pada tahun 1945. Sebelum dihancurkan oleh bom atom, Hiroshima adalah kawasan pusat bisnis dan politik kota. Hal ini jugalah yang membuatnya menjadi target operasi saat itu.

Saat ini, taman seluas 120.000 meter persegi ini menjadi pemandangan yang sangat kontras di Hiroshima. Taman luas yang dikelilingi gedung bertingkat ini menjadi salah satu lokasi favorit warga sekitar untuk menghabiskan hari libur. Di sini, kamu masih bisa melihat sisa-sisa bangunan yang masih berdiri setelah digempur bom, salah satunya adalah A-Bomb Dome.

Setiap tahunnya pada tanggal 6 Agustus, tepat pada pukul 8:16 akan dilakukan upacara peringatan di sini. Peringatan ini dimulai dengan mengheningkan cipta dan pidato. Selain warga setempat, terdapat banyak wisatawan asing yang juga datang dan bergabung dalam peringatan ini.

  • Fujiko F. Fujio Museum

Kamu yang suka dengan Doraemon, wajib kunjungi museum ini deh. Doraemon memang sudah tak asing lagi bagi penggemar komik dan juga serial kartun. Robot kucing gendut masa depan berwarna biru ini menjadi favorit banyak anak-anak dan juga kalangan dewasa. Tak hanya dapat melihatnya di komik dan TV, kamu juga bisa mengunjungi dan menyentuh Doraemon di Fujiko F. Fujio Museum.

Di dalam museum, terdapat semacam diorama di mana patung Doraemon dan teman-temannya berpose di ruangan yang sudah sangat familiar bagi pecintanya seperti kamar Nobita dan lapangan bermain dengan tiga pipa besar. Selain Doraemon, museum ini juga memajang karakter lain karya Fujiko F. Fujio, yaitu P Man. Puas berkeliling, kamu bisa mencicipi menu khas di tempat wisata ini. Menu makanan di restoran ini juga bertemakan Doraemon. Kamu bisa memesan kue dorayaki dan berbagai makanan lain yang dihiasi dengan wajah Doraemon.

  • Kaiyukan

Related image

Aquarium Kaiyukan juga sudah terkenal bagi traveler mancanegara. Daya tarik utama yang dimiliki oleh tempat wisata di Jepang ini adalah hadirnya hewan-hewan laut yang kebanyakan berasal dari Samudera Pasifik. Hal yang paling membuat aquarium ini terkenal adalah karena bisa memberikan kesempatan pada pengunjung untuk melihat hiu paus yang disebut-sebut sebagai ikan terbesar di lautan. Selain itu, bangunan aquarium yang unik dan megah pun jadi alasan banyak traveler senang datang ke sana.

  • Zoorasia

Kebun Binatang selalu menjadi tempat wisata menarik di berbagai belahan di dunia. Nah ketika kamu ke Jepang, kamu wajib datang ke salah satu kebun binatangnya yang populer yaitu Zoorasia yang merupakan kebun binatang terbesar dan paling terawat di Negeri Sakura ini.

  • Arashiyama

Jika kamu ingin merasakan ketenangan dan kedamaian, berkunjunglah ke sini. Arashiyama adalah tempat wisata lain yang menarik di Kyoto, Jepang. Bisa dikatakan bahwa tempat wisata ini adalah tempat wisata yang unik di Kyoto. Jika tempat wisata di Kyoto didominasi oleh kuil, namun Arashiyama ini merupakan tempat wisata berupa hutan bambu. Pegunjung yang datang ke sini bisa merasakan keteduhan dan ketenangan.

  • Gion

Salah satu kawasan di Kyoto yang harus didatangi sore hari menjelang malam untuk melihat para Geisha asli berdatangan ke restoran-restoran eksklusif dengan tamu-tamu eksklusif. Biasanya, lewat pukul 7 malam mereka berjalan dengan sangat cepat dan tidak ingin difoto namun banyak turis yang menjadi paparazi dadakan demi mengabadikan foto seorang Geisha.

Ya, itulah sedikit ulasan tentang negara Jepang beserta tempat wisata yang bisa dikunjungi jika kamu sedang liburan ke sana. Oke sampai disini dulu ya perjumpaan kita, bye bye…